PMI lakukan penyemprotan disinfektan di dua Kedubes

PMI lakukan penyemprotan disinfektan di dua Kedubes

Relawan PMI Jakarta Selatan melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Kedutaan Besar Pakistan, Rasunana Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (1/4/2020). (ANTARA/HO-PMI Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan penyemprotan disinfektan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) di Kedutaan Besar Pakistan dan Arab Saudi di Jalan Rasunan Said, Jakarta Selatan, Rabu.

"Hari ini PMI Pusat menerima pemerintaan khusus dari Kedutaan Besar Arab Saudi dan Pakistan untuk penyemprotan disinfektan, tugas diamanahkan ke PMI Jakarta Selatan," kata Humas PMI Jakarta Selatan, Dedet Haryadi.

Dedet menjelaskan, penyemprotan dilakukan siang tadi, menggunakan alat semprot sprayer yang berfungsi untuk penyemprotan disinfektan dalam ruangan (indoor).

Penyemprotan meliputi bagian luar gedung kantor Kedubes, ruang kerja, ruang rapat dan perkarangan.

Berbeda dengan penyemprotan di saranan prasarana umum, penyemprotan di kantor kedutaan besar, tim relawan harus mematuhi protokol keamanan seperti tidak boleh memotret objek perkantoran kedutaan.

"Memang agak sedikit ketat penjagaannya, jadi kita hanya boleh menyemprot di area-area yang sudah ditentukan, petugas juga bisa masuk tanpa harus bawa pasport," kata Dedet.

Baca juga: Dinkes DKI temukan 1,7 persen positif COVID-19 dalam tes cepat

Pada hari yang sama, PMI juga melakukan penyemprotan disinfektan gabungan di wilayah Jagakarsa bersama Pemadam Kebakaran dan Sudin Lingkungan Hidup serta Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) kelurahan.

"Kita bagi lima tim, dua tim melakukan penyemprotan di dua kantor Kedubes, tiga tim di wilayah Jagakarsa," kata Dedet.

Dalam satu hari ini, total ada 30 titik yang disemprot disinfektan oleh tim relawan PMI termasuk kantor Kedubes Pakistan dan Arab Saudi.

Penyemprotan di sejumlah titik yang dilakukan oleh PMI menghabiskan 1.200 liter cairan disinfektan per hari.

Peralatan yang digunakan, selain alat semprot sprayer, juga ada "truck blower" untuk menyemprot jalan-jalan protokol.

"Kita punya dua mobil operasional bak terbuka ini untuk menyemprot di jalan-jalan kampung dan dua motor bak untuk menyemprot di gang-gang sempit," kata Dedet.

PMI Jakarta Selatan telah melakukan penyemprotan disinfektan sejak tanggal 15 Maret 2020 hingga hari ini, total ada lima kecamatan lagi yang masih menjadi target penyemprotan selama pekan ini.

Penyemprotan menyasar fasilitas umum, fasilitas sosial, sarana pendidikan, tempat ibadah, sekolah dan kantor-kantor pemerintahan.

"PMI punya lima tim, setiap tim melakukan penyemprotan disinfektan tujuh titik lokasi per hari," kata Dedet.
Baca juga: Tes cepat COVID-19 dengan serum prioritaskan yang berisiko tinggi

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Eksodus WNI, 293 PMI tiba di Batam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar