Denpasar (ANTARA News) - Bank BNI akan segera menurunkan suku bunga kredit dan deposito menyusul penurunan laju inflasi saat ini sehingga mendorong penurunan BI rate.

"Tahun ini net interest margin (NIM) kami lebih rendah dari tahun kemarin, dari 6,3 persen menjadi 5,5 - 6,0 persen, artinya suku bunga kredit akan lebih rendah dari tahun lalu," kata Dirut Bank BNI Gatot Suwondo ditemui di sela Sidang Tahunan ADB di Nusa Dua Bali, Sabtu.

Menurut dia, kecenderungan ke depan BI rate sampai akhir tahun 2009 bisa mencapai 7,0 persen maka suku bunga kredit akan terus menurun.

Sementara itu Direktur Treasuri dan internasional Bank BNI, Bien Subiantoro, mengatakan suku bunga kredit konsumer terlebih dahulu mengalami penurunan dari 16 persen menjadi 14 persen. Penurunan itu disusul kredit korporasi dari 13 persen menjadi 11 persen.

"Kita upayakan segera lakukan penurunan pada semester I tahun ini," jelasnya.

Bien mengakui, perbankan selama ini terlambat dalam merespon penurunan BI rate. Namun dengan kecenderungan penurunan BI rate ke depan maka bank akan berani menurunkan suku bunga dengan tetap memperhatikan fluktuasi rupiah saat ini. (*)

Editor: Heru Purwanto
Copyright © ANTARA 2009