Yogyakarta (ANTARA News) - Naskah "3 Perempuan" karya Fia Suswati akan dipentaskan dalam pertunjukan teater di tiga kota, yakni Taman Budaya Surakarta, auditorium Universitas Negeri Semarang (Unnes) Semarang, dan Taman Budaya Riau, Pekanbaru.

"Pertunjukan teater itu akan dilakukan pada 4 Mei 2009, 6 Mei 2009, dan 12 Juni 2009," kata panitia pementasan Galuh Asti Wulandari di Yogyakarta, Minggu.

Sebelumnya, menurut dia, naskah tersebut telah dipentaskan di Taman Budaya Lampung, Bandar Lampung dan Studio Teater Garasi Yogyakarta.

Ia mengatakan, "3 Perempuan" merupakan sebuah pertunjukan yang terinspirasi oleh kehidupan sehari-hari seorang perempuan penyanyi di Payakumbuh. Sebagian besar penyanyi itu menjalani perkawinan poliandri dan kawin siri.

"Kondisi itulah yang membuat saya tertarik untuk menuliskannya dalam sebuah naskah dan mementaskannya dalam sebuah pertunjukan teater yang disutradarai Tya Setyawati," katanya.

Menurut dia, naskah "3 Perempuan" mengisahkan tentang seorang penyanyi hidup bersama anak dan adik perempuan yang berbeda prinsip dalam menjalani hidup.

"Akibatnya, terjadi pergulatan psikologis di antara saudara kandung itu yang dengan teguh mempertahankan prinsip hidup masing-masing," katanya.

Pertunjukan teater itu didukung pemain Fani Rahmasari, Kristin Padmasari, dan Tya Setyawati. Penata artistik ditangani oleh Agip, Daniel, dan Purwanto, penata musik oleh Fitri Ningsih, dan penata lampu Enrico Alamo.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009