Jakarta (ANTARA) - Gelaran UniPin Ladies Series (ULS) Season 3 siap digelar untuk menjadi adu tim Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) perempuan terbesar di Indonesia.

Melanjutkan season pertama yang berhasil menjadi turnamen esports perempuan terpopuler kedua di seluruh dunia dengan jumlah total penonton mencapai lebih dari 10,5 juta views di YouTube dan juga gelaran kedua yang tidak kalah sukses, ULS 3 kembali digelar sebagai ajang untuk mengakomodasi animo para gamers perempuan di Tanah Air yang semakin meningkat.

Pada series ketiga ini, tim-tim perempuan terbaik dari seluruh Indonesia akan kembali bertarung memperebutkan gelar juara pada turnamen yang akan berlangsung dari Agustus hingga September mendatang.

Debora Imanuella selaku SVP Esports & Community Global UniPin mengatakan gelaran ketiga dari ULS ini dapat membantu industri esport di Indonesia dapat dinikmati seluruh kalangan, tidak hanya laki-laki.

“UniPin Ladies Series 3 harapannya bisa memberikan dan membantu industri esport ini inklusif. Kenapa, karena industri yang sustainable ini industri yang inklusif. Dan peran perempuan ini sangat penting untuk di industri, karena perempuan ini mempunyai brain decision yang sangat kuat,” kata Debora melalui talkshow pada acara konferensi pers di kantor Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Jumat.

Hal senada juga dikatakan oleh Christian Surjadi sebagai perwakilan PBESI yang hadir.

Baca juga: PB ESI berharap klub esport bisa melantai di bursa saham

“Dengan adanya kompetisi ini dan juga didukung oleh brand-brand besar ini kita perlu apresiasi sekali lagi karena tidak mudah untuk bisa mengumpulkan ekosistem untuk bergabung dan mendukung dimana satu visi tadi ingin menjaga supaya tidak ada eksklusivitas di dalam pertandingan esport itu sendiri,” kata Kepala Bidang Wasit dan Pelatih (PBESI) Christian Surjadi.

Turnamen ULS 3 akan dibuka dengan Regular Season yang berlangsung selama tiga minggu. Pada Regular Season ini, dua tim juara turnamen UniPin Ladies Development Series (ULDS) yaitu Dewa United Eve dan Kraken Gwyn akan dipertemukan dengan enam tim undangan dari season sebelumnya yaitu Bigetron Era, RRQ Mika, MBR Delphyne, Tiger Wong Seiren, Kagendra, dan GPX Basreng.

Sebagai puncaknya, kemudian di babak playoff, enam tim teratas dari regular season akan bermain dalam sistem Double Elimination untuk memperebutkan gelar juara dan total hadiah senilai Rp200 juta. Gelaran ULS 3 ini akan digelar offline di public space, tepatnya di Bintaro Jaya Xchange, Kota Tangerang, Banten.

“Kita sangat bahagia untuk konsistensi yang selalu diberikan UniPin terhadap pembangunan dan perkembangan esport di Indonesia. Esport kan untuk semua orang, esport for everyone,” kata Esports Ecosystem Manager Moonton Indonesia Yosephine Andjani.

Yosephine menambahkan, ujung dari gelaran-gelaran seperti ULS 3 adalah agar Indonesia lebih banyak mendulang prestasi melalui event-event internasional.

Baca juga: Aura Esports nilai pentingnya regenerasi talenta secara berkelanjutan

“Harapan kami, kita bisa bekerja sama terus menerus mengembangkan ekosistem esport Indonesia yang memang UniPin sudah gencar banget ya untuk mengembangkan juga. Kita berharap ladies yang Mobile Legends lebih lagi berkembang, meningkat, mencapai level yang baru. Kemudian bisa mengumpulkan prestasi-prestasi yang lebih banyak lagi,” tambah Yosephine.

Turnamen ULS 3 yang juga dapat disaksikan secara daring di akun YouTube UniPin Gaming ini akan dimeriahkan oleh beberapa caster ternama seperti Velajave (Veronica Fortuna), AWL (Aulia Rachmatiah), Mochalatte (Icha Anisa), Nevinne (Franz Nevinne), Eppe (Eppe Meltedfox), Ko Lius (Lius Andre), dan Shutdap.

Selain menyajikan turnamen MLBB, ULS 3 akan semakin meriah karena adanya acara tambahan seperti Cosplay Competition dan UNITY Caster Hunt.

Turnamen ULS 3 terselenggara berkat dukungan dari para partner dan sponsor yaitu KDArena, Bank BCA, Advan, Sandisk, Samsung Odyssey, Biznet, Digital Alliance, TikTok, Vidio, Bintaro Jaya Xchange Mall, Fried Chicken Master, dan Goldshark, serta melalui dukungan dari pemerintah melalui PBESI. dan dari game publisher melalui MPL ID.

Berikut format kompetisi ULS 3:

1. Format reguler series (7-9, 14-16, 21-23 Agustus)
- Best of 3 series (BO3)
- Global ban pick
- Win 2-0 get 2 points
- Win 2-1 get 1 point
- Lose 1-2 get -1 point
- Lose 0-2 get -2 points.

2. Format playoff series (8-10 September
-
Best of 5 series
- Best of 7 in the grand final
- Top 2 advance to USC (UniPin Ladies Series SEA Championship) 2023.

Baca juga: Bigetron Alpha lolos seleknas wakili Indonesia di IESF 2023 Rumania
Baca juga: Tim Indonesia Onic Esports juarai MSC 2023


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023