Jakarta (ANTARA) - Tim nasional eFootball Indonesia mengalahkan Korea Selatan pada babak 16 besar AFC eAsian Cup Qatar 2023, Minggu, untuk mengamankan tempat di perempat final.

Timnas eFootball Indonesia yang diperkuat Elga Cahya Putra, Rizky Faidan, dan Akbar Paudie, memastikan diri melaju ke babak delapan besar usai melibas Korea Selatan tanpa balas pada dua leg sekaligus dengan skor masing-masing 2-0.

Sesuai perkiraan, laga "hidup mati" tersebut berlangsung intens dan penuh risiko. Indonesia yang menurunkan Faidan dan Elga dengan agresif melakukan serangan sejak pertandingan dimulai.

Pada leg pertama, tim Garuda melakukan tembakan ke gawang Korea Selatan pada menit ke-20 namun meleset. Percobaan kedua terjadi beberapa saat kemudian tetapi lagi-lagi bola tidak dapat bersarang ke gawang tim Negeri Ginseng.

Kedudukan 0-0 bertahan hingga babak pertama selesai. Kedua tim juga tidak mampu menghasilkan gol hingga babak kedua berakhir. Leg pertama harus dilalui lewat perpanjangan waktu, sementara pertandingan semakin memanas.

Indonesia akhirnya berhasil menjebol gawang Korea Selatan melalui tendangan sudut Saddil Ramdani yang dieksekusi oleh Rafael Struick. Tak lama berselang, tim Asia Timur tersebut melakukan pelanggaran yang berbuah penalti bagi skuad Merah Putih.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Faidan dan Elga lewat tendangan penalti Rafael Struick untuk memenangi leg pertama 2-0 atas Korea Selatan.

Baca juga: Indonesia bertemu Korea Selatan di 16 besar AFC eAsian Cup Qatar

Dominasi Indonesia berlanjut ke leg kedua. Skuad Merah Putih berhasil mencetak gol tak lama setelah permainan dimulai. Unggul 1-0, Faidan dan Elga yang tak henti menekan lawan berhasil menambah gol pada penghujung babak pertama.

Korea Selatan tidak memiliki jawaban atas permainan penuh skill dari Indonesia. Kedudukan 2-0 untuk tim Garuda bertahan hingga pertandingan usai.

Selanjutnya pada delapan besar, Indonesia akan bertemu Uni Emirat Arab yang mengalahkan Libanon di babak 16 besar, Minggu.

Laga perempat final Indonesia vs Uni Emirat Arab dijadwalkan malam ini, Minggu, pukul 21.00 WIB.

Baca juga: eFootball dan DOTA2 Indonesia lolos babak playoff Kejuaraan Dunia IESF
Baca juga: Enam atlet esport Indonesia lolos ke final kejuaraan dunia eFootball

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024