Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora yang menarik dari hari Rabu (7/2) dapat dibaca pada Kamis, seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa curah hujan saat Pemilihan Umum 2024 akan tinggi.

Ada juga berita-berita lain yang tak kalah menarik, yaitu kepulangan tim nasional eFootball setelah memenangkan AFC di Qatar, Menko PMK Muhadjir Effendy membantah bahwa Presiden Jokowi melakukan politisasi bantuan sosial (bansos), dua mahasiswa Indonesia yang meraih emas dalam ajang Thailand Inventors Day 2024, serta persiapan Wihara berusia 134 tahun di Medan yang menjelang Imlek 2024.

Sejumlah kabar tersebut dapat dilihat di sini.

1. BMKG prakirakan curah hujan tinggi saat pemungutan suara Pemilu 2024

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada 13-15 Februari 2024, atau bertepatan dengan periode pemungutan suara dan rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu 2024, akan terjadi peningkatan curah hujan dengan intensitas tinggi di sejumlah daerah.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, analisa cuaca yang dilakukan menunjukkan curah hujan tinggi rata-rata berkisar 150 mm-300 mm, bahkan berpotensi lebih dari itu.
 
Dalam kondisi cuaca yang demikian, menurut Guswanto, juga memperbesar risiko kebencanaan hidrometeorologi di daerah-daerah yang diguyur hujan. Menurut laporan BMKG, diketahui ada sebanyak 25 daerah yang berpotensi mengalami hujan intensitas tinggi pada 13-15 Februari 2024.

Selengkapnya dapat dibaca di sini.

2. Menko PMK bantah presiden politisasi bansos

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy membantah bahwa Presiden Joko Widodo mempolitisasi bantuan sosial (bansos), karena sejak dulu presiden suka membagi-bagikan bantuan pada awal tahun.

Dia mengatakan presiden selalu mengawali tahun anggaran dengan merencanakan berbagai macam bantuan, salah satunya bansos, kepada masyarakat. Selain itu, ujarnya, presiden turun ke lapangan guna memastikan bantuan tersebut tepat sasaran.

Selengkapnya dapat dibaca di sini.

3. Mahasiswa Indonesia raih emas di ajang Thailand Inventors Day 2024

Dua mahasiswa Indonesia, yaitu Amrullah Gilang Ibrahim dan Maria Stevanie Dwi Aprilli dari Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti, meraih medali emas dalam ajang Thailand Inventors Day 2024 melalui karya berjudul "Integrated Smart System Feeding Fish based on Renewable Energy".

Karya tersebut, yang membahas tentang teknologi untuk membantu industri perikanan, mengalahkan karya-karya inovasi peserta lain yang berasal dari 20 negara.

Selengkapnya dapat dibaca di sini.

4. Wihara berusia 134 tahun di Medan berbenah jelang Imlek 2024

Wihara Siu San Keng yang sudah berusia sekitar 134 tahun, di Medan sedang berbenah menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili yang jatuh pada 10 Februari 2024. Ketua Pembina Wihara Siu San Keng, Sie Kok Yong, mengatakan bahwa sebanyak lebih dari 100 lampion merah akan menghiasi wihara tersebut.

Sementara itu, pembersihan dilakukan dengan hati-hati di wihara yang ada sejak 1890 itu. Pernak-pernik wihara juga diperhatikan serius agar umat Buddha nyaman saat beribadah Imlek di sana.

Pada tahun 2022, Kementerian Agama mencatat Sumatra Utara sebagai provinsi dengan jumlah umat Buddha terbanyak di Pulau Sumatra, yaitu 351.913 orang, dan terbanyak kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta, yaitu 393.465 orang.

Selengkapnya dapat dibaca di sini.

5. Timnas eFootball kembali ke tanah air setelah juara di AFC Qatar

Tim nasional (Timnas) eFootball, yang terdiri dari Rizky Faidan, Elga Cahya Putra, dan Akbar Paudie serta Manager & CEO IFeL Putra Sutopo, kembali ke Indonesia setelah menyabet juara pada kompetisi Piala Asia Esports AFC eAsian Cup Qatar 2023.

Manager & CEO IFeL Putra Sutopo mengatakan bahwa mereka menang dengan skor 2-0 melawan Jepang dalam laga best of three atau mencari dua kemenangan. Dia menambahkan, prestasi yang diraih tim player eFootball Indonesia ini merupakan kemenangan kedua kalinya dalam kompetisi Sepakbola Virtual se-Asia.

Selengkapnya dapat dibaca di sini.

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024