Jakarta (ANTARA News) - Pembalap wanita terbaik Indonesia Alexandra "Andra" Asmasoebrata (DKI-Shadaff Motorsport) dan pembalap belia Andhika Sasabone (DKI-Art Motorsport) mendominasi kelas formula senior/master dan junior seri III Kejurnas Tony Kart Indonesia Karting Championship 2009 di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Minggu (3/5).

Andra dengan segenap pengalamannya berhasil melahap 18 putaran mencatat waktu tercepat 16 menit, 00,643 detik.

Mantan juara dunia Formula Campus 2005 itu mengungguli Victor Susilo (Jatim / Global Kart) yang terpaut jauh 7,245 detik, serta juara ketiga yang juga pembalap wanita Stella Aurelia (DKI / Speedy Motorsport).

Sementara itu, Sean Gelael (DKI/GO Serge) yang sempat menempel Andra di urutan kedua di separuh putaran lomba, terpaksa harus puas menempati urutan kelima akibat mengalami kendala saat lomba.

Begitu juga pembalap tangguh lainnnya, Ryan Anthoni Monoarfa (DKI/GO Serge) yang keluar lintasan saat start baru di mulai. Alhasil Ryan finis di urutan enam.

"Hasil ini memang cukup menggembirakan. Apalagi ini adalah kiprah pertama saya di seri Kejurnas, setelah pada dua seri sebelumnya absen. Sebenarnya saya ingin fight dengan Ryan, karena sebelumnya pada sesi latihan sampai pre final, catatan waktu saya selalu kalah dengan dia. Tetapi Ryan sudah keluar lintasan di awal lomba sehingga saya berusaha untuk tetap konsisten di depan. Yang pasti, ini menjadi bekal berharga saya sebelum tampil di Kejuaraan Asia Karting yang juga digelar di Sentul, pekan depan," ujar Andra usai lomba.

Secara jujur, Andra mengaku belum puas dengan seting kendaraannya. Ini penting karena pada pekan depan, ia bertekad untuk membalas kekalahannya dari para pegokart Malaysia, yang mengalahkannya pada seri pertama di Kuala Lumpur, beberapa waktu lalu.

"Saya belum puas dengan seting mesinnya. Semoga dalam beberapa hari ini tim mekanik kami bisa lebih memaksimalkan kendaraan saya. Soalnya kendaraan anak-anak Malaysia pada seri pertama lalu sangat cepat," katanya.

Di kelas yunior, Andhika meraih tiga gelar juara sekaligus yaitu junior 125, Formula junior dan Rotax Max 125 non-seeded. Di kelas junior 125, Andhika yang mencatat waktu terbaik 14:09,226 detik, menggungguli M Senna SN, Aldino Asmasoebrata, dan Willi Mursito.

Di Formula Junior, Andhika mengalahkan rivalnya Philopas Armand (GO!!! Serge), Clio Carissa, dan Kevin Susilo, sementara di kelas rotax max 125 non seeded, Andhika mengungguli Willi Mursito, Gabriel Arcaradine, dan Anderson Martono.

"Saya selalu berusaha konsisten dan tidak membuat kesalahan sedikit pun saat lomba. Itulah modal saya sehingga mampu menjadi yang terbaik kali ini," ujar Andhika.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009