Pamekasan (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mulai menyebarkan brosur pendataan pemilih untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 8 Juli 2009.

Menurut anggota Divisi Pemilihan KPU Pamekasan Mukhlisin, Minggu, penyebaran brosur itu dilakukan agar warga yang tidak terdata dalam Pemilu 2009 proaktif mendaftarkan diri kepada petugas pendataan baik panitia pemungutan suara (PPS) maupun aparat desa setempat.

"Kami berharap tidak ada lagi warga yang memenuhi persyaratan memilih yang tidak terdata, sebagaimana yang terjadi pada Pemilu 2009," katanya.

Pendataan DPS berlangsung hingga 10 Mei 2009, sedangkan pengumuman hasil DPS perbaikan dan tanggapan dari masyarakat dilakukan pada 11 hingga 17 Mei 2009.

Jika ada warga yang tidak memenuhi ketentuan sebagai pemilih, seperti di bawah umur 17 tahun, anggota TNI/ Polri, pidah tempat atau telah meninggal dunia, tetapi masih terdata dalam DPS, Mukhlisin meminta masalah itu dilaporkan ke PPS setempat.

"Atau bisa saja menyampaikan pesan singkat ke SMS center yang tersedia di KPU pusat," katanya.

Nomor SMS center yang disediakan KPU dalam rangka perbaikan daftar pemilih ialah 085310252527.

Menurut Mukhlisin, warga yang mengirimkan pesan singkat ke nomor tersebut akan diperhatikan oleh KPU pusat. Selanjutnya akan dilakukan pengecekan melalui KPU provinsi, KPU kabupaten dan selanjutnya ke panitia pemilihan kecamatan (PPK).

"Oleh PPK akan dilakukan cek silang di lapangan melalui PPS dan aparat desa setempat," katanya.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009