London, (ANTARA News) - Arsenal perlu suntikan vitalitas dengan mencetak gol dan mengantisipasi serangan balik Manchester United (MU) jika ingin menyingkirkan tim juara bertahan Liga Champions itu dalam pertandingan semifinal leg kedua, Selasa (5/5) atau Rabu dinihari WIB.

Tim asuhan Arsena Wenger itu harus membalas kekalahan pada leg pertama dari MU 0-1, sekaligus mematahkan rekor tak terkalahkan MU dalam 25 kali penampilan di Liga Champions. Tapi juara bertahan Liga Champions itu tentunya ingin mempertahankan keunggulan di leg pertama tersebut, demikian dikutip dari Reuters.

Pemenang partai semifinal ini akan menghadapi Barcelona atau Chelsea pada babak final di Roma 27 Mei mendatang.

MU Selasan nanti bakal dapat tambahan kekuatan jika pemain belakang Rio Ferdinand kembali pulih setelah cedera tulang rusuk saat pertandingan di Old Trafford Rabu lalu.

Ferdinand absen ketika timnya menang 2-0 atas tuan rumah Middlesbrough, Sabtu, yang membuat MU semakin dekat ke gelar juara Liga Utama Inggris.

Sementara itu Arsenal, yang perlu mencetak setidaknya dua gol agar menang, berharap striker Robin van Persie yang sudah empat kali absen karena cedera, dapat pulih besok.

Manajer Arsenal Arsene Wenger juga berharap Emmanuel Adebayor kembali menemukan performa terbaiknya.

"Saya yakin kami dapat mengalahkan United dengan keunggulan dua gol karena kami sudah tinggal 90 menit lagi dari babak final," kata Wenger.

"Ini situasi khusus, jika kami dapat membuat gol lebih dulu maka mereka akan berada di bawah tekanan, karena jika mereka kebobolan lagi mereka akan tersisih," katanya.

Arsenal, yang musim ini hanya berharap gelar juara dari Liga Champions untuk menghindari musim keempat berturut-turut tanpa gelar, mengistirahatkan delapan pemainnya ketika mereka menang 3-0 atas Portsmouth.

Kemenangan itu mengamankan posisi mereka di empat besar klasemen Liga Utama Inggris, yang berarti dapat tempat di babak kualifikasi Liga Champions musim depan.

Pertandingan Selasa nanti (Rabu pagi WIB) juga merupakan pertemuan klasik antara dua tim kenamaan Inggris yang telah 115 tahun bersaing.

Arsenal belum pernah kebobolan di kandang sendiri dalam lima pertandingan Liga Champions terakhir pada musim ini. Namun mereka juga belum pernah mengalahkan satu klub Inggrispun di kompetisi Eropa.

MU mencetak gol pada tiga kesempatan tampil di Emirates Stadium, dan kini sudah tujuh musim sejak Arsenal mengalahkan MU di kandang sendiri.

Arsenal belum pernah kalah di kandang sendiri dalam 24 pertandingan Liga Champions sejak dikalahkan Chelsea tahun 2004.

Berikut perkiraan susunan pemain:

Arsenal: 1-Manuel Almunia; 3-Bacary Sagna, 5-Kolo Toure,

18-Mikael Silvestre, 40-Kieran Gibbs; 2-Abou Diaby, 17-Alex

Song; 14-Theo Walcott, 4-Cesc Fabregas, 8-Samir Nasri;

25-Emmanuel Adebayor.

Manchester United: 1-Edwin van der Sar; 22-John O`Shea,

5-Rio Ferdinand, 15-Nemanja Vidic, 3-Patrice Evra; 24-Darren

Fletcher, 16-Michael Carrick, 8-Anderson; 7-Cristiano Ronaldo,

32-Carlos Tevez, 10-Wayne Rooney.

Referee: Roberto Rosetti (Italia).(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009