Situasi pandemi virus corona yang masih berlangsung memaksa balapan dijadwal ulang
Jakarta (ANTARA) - Musim baru MotoGP 2020 mundur lagi ke akhir Mei setelah panitia penyelenggara GP Prancis memutuskan penundaan balapan di Le Mans karena kekhawatiran pandemi virus corona yang masih berlangsung.

GP Prancis, yang sedianya dilangsungkan pada 17 Mei, menjadi seri balapan kelima yang ditunda sejak balapan pembuka musim di Qatar yang harusnya berlangsung 8 Maret berakhir batal.

Baca juga: Pesan Marquez bersaudara kepada para fan MotoGP di kala pandemi

Pihak FIM, Dorna dan IRTA hingga saat ini belum memutuskan kapan jadwal baru balapan GP Prancis bakal digelar.

"Situasi pandemi virus corona yang masih berlangsung memaksa balapan dijadwal ulang," demikian pernyataan resmi bersama yang disiarkan di laman resmi FIM, Kamis.

Para pengambil keputusan itu menyatakan baru akan menentukan jadwal baru GP Prancis juga GP Spanyol, yang juga ditunda, setelah kondisi lebih jernih.

Baca juga: Grand Prix MotoGP Spanyol ditunda

Seturut kalender MotoGP musim 2020, GP Italia di Mugello menjadi jadwal berikutnya pada 31 Mei, tetapi kondisi di negara yang paling parah terdampak virus corona itu masih tak menentu menyusul perpanjangan karantina wilayah oleh pemerintah setempat hingga pertengahan April.

Selepas GP Italia, balapan seharusnya dilanjutkan di GP Catalunya (7 Juni), Jerman (21 Juni) dan Belanda (28 Juni), kendati demikian ketiga balapan itu juga masih belum jelas nasibnya.

Penundaan GP Prancis juga menimbulkan kemungkinan balapan Formula 1 yang dijadwalkan di selatan Prancis pada 28 Juni bisa digelar.

Baca juga: Bos Aprilia sebut penalti kasus doping Iannone tak masuk akal

Baca juga: Musim 2020 tertunda, MotoGP kini dipusingkan agenda kejar tayang

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020