Sepak Bola Dunia

CONMEBOL yakin Libertadores dimulai kembali tahun ini

CONMEBOL yakin Libertadores dimulai kembali tahun ini

River Plate berpose sebelum pertandingan melawan Deportivo Binacional dalam Grup D Copa Libertadores di Buenos Aires, Argentina, pada 11 Maret 2020. (AFP/JUAN MABROMATA)

Jakarta (ANTARA) - Presiden federasi sepak bola Amerika Selatan Alejandro Dominguez mengatakan, Copa Libertadores dan Copa Sudamericana tidak akan dibatalkan tahun ini dan optimistis sepak bola akan kembali bahkan jika itu berarti memainkan pertandingan tanpa kehadiran penonton.

Turnamen-turnamen tersebut, milik CONMEBOL yang setara dengan Liga Champions dan Liga Europa UEFA, ditangguhkan bulan lalu karena wabah virus corona berkembang pesat di Amerika Selatan.

"Libertadores bisa dimulai lagi ketika kejuaraan lokal dimulai kembali, meskipun kapasitas untuk transportasi juga penting mengingat sebagian besar negara telah menutup perbatasan mereka," kata Dominguez kepada Reuters, disiarkan Jumat.

Total 76 dari tim papan atas di benua itu masih terlibat dalam kompetisi-kompetisi tersebut, yang dijadwalkan akan berakhir November.

Baca juga: Copa America juga dimundurkan ke 2021

Ditanya kapan menurutnya sepak bola bisa dilanjutkan, dan bagaimana pertandingan akan terlihat setelah dimulai kembali, pria asal Paraguay itu mengatakan: "Sulit bagi saya untuk melakukan analisis apapun karena saat ini kita masih cukup terkejut.

"Saya kira semuanya akan kembali normal tapi akan perlu waktu. Dan tentu saja saya ingin melihat stadion penuh namun jika cara untuk mengembalikan sepak bola adalah bermain tanpa penonton maka itulah cara kita akan bermain."

Kasus global virus corona telah melewati satu juta pada Kamis dengan lebih dari 52.000 meninggal dunia, menurut penghitungan Reuters berdasarkan data negara per negara.

Baca juga: Euro dan Copa America diundur, Piala Dunia Antarklub ikut terdampak

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar