Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang menghimpun berbagai informasi yang berhubungan dengan penggunaan teknologi informasi (TI) dari berbagai Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang berada di berbagai daerah di Tanah Air.

"Kami sedang mengumpulkan informasi tentang pengelolaan TI dari KPU yang ada di daerah-daerah," kata Wakil Ketua KPK Haryono Umar kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Haryono juga mengatakan, hasil dari penghimpunan informasi tersebut selanjutnya akan ditelaah oleh Tim KPK yang dipimpin secara langsung oleh dirinya.

Namun, ia juga menegaskan bahwa tindakan yang dilakukan KPK terkait dengan pengadaan TI yang digunakan dalam Tabulasi Nasional KPU masih berada dalam tataran pencegahan terhadap adanya potensi tindak pidana korupsi.

Haryono menuturkan, pihaknya juga telah meminta klarifikasi sejumlah data terhadap pihak yang bertanggungjawab dalam pengelolaan sistem TI di KPU pusat.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Johan Budi kepada wartawan pada Rabu (29/4) mengatakan, KPK telah menerima kedatangan tiga orang yang berasal dari Tim Data Teknologi Informasi KPU yang dipimpin Emil Tarigan.

Johan juga memaparkan, data yang diklarifikasi mencakup sejumlah informasi umum dalam penyelenggaraan pemilu, seperti nama penjabat pembuat komitmen dan pimpinan proyek dalam proses pengadaan yang dilakukan KPU.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009