Jakarta (ANTARA News) - Winger Portugal Cristiano Ronaldo mencetak dua gol kegawang Arsenal dan mengantarkan Manchester United melangkah ke-final liga champions setelah menundukkan Arsenal 3-1, pada pertandingan babak semi final liga Champions di Stadion Emirates Kamis (06/5) dini hari.

Gol pembuka MU diciptakan oleh Park Ji-Sung pada menit ke-8 memanfaatkan kesalahan pemain belakang Arsenal Kieran Gibbs yang tidak dapat mengantisipasi umpan silang Ronaldo .

Pada menit ke-11 Cristiano Ronaldo dilanggar oleh Robin Van Persie dan diberi hadiah tendangan bebas oleh wasit Roberto Rosetti. Ronaldo berhasil mengeksekusi bola mati tersebut dengan jarak sekitar 30 Meter, yang tidak dapat dihalau oleh penjaga gawang Arsenal Manuel Almunia.

Penyerang MU Wayne Rooney menit ke-18 melepaskan tendangan dari jarak 20 Meter, tapi masih dapat di tepis oleh Almunia dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Walupun sudah kebobolan dua gol dikandang sendiri, pasukan The Gunners tetap berusaha mendobrak pertahanan MU yang di jaga Rio Ferdinand dan Vidic.

Di menit ke-30 Fabregas berusaha mengoyak pertahanan MU namun masih dapat diselamatkan oleh Edwin Van der Sar. giliran Ronaldo menit 32 setelah dilanggar oleh Sagna mendapat tendangan bebas, tapi sayang tendangannya tepat mengarah kepelukan kiper Arsenal.

Penyerang Arsenal Adebayor mendapat kesempatan pada menit ke-35 tapi tandukannya tidak mengarah ke gawang.

Ronaldo melengkapi kemenangan MU pada menit ke 61 melalui serang balik yang sangat cepat hasil kerjasama Park, Ronney dan diselesaikan dengan baik oleh Ronaldo.

Pertandingan ini dinodai dengan dikeluarkanya kartu merah untuk Darren Fletcher pada menit ke-75, karena melanggar Van Persie di kotak pinalti dan wasit menunjuk titik putih untuk memberikan pinalti pada Tim tuan rumah. Robin Van Persie berhasil mengeksekusi pinalti dan memperkecil selisih gol menjadi 3-1.

Unggul dengan jumlah pemain tidak dapat dimanfaatkan oleh pemain-pemain Arsenal hingga wasit meniupkan pluit panjang tanda pertandingan usai.

Susunan pemain :

Arsenal : Manuel Almunia, Sagna, Fabregas, Taure, Nasri, Van Persie (Vela 79), Walcott (Bendtner 63), Song, Djourou, Adebayo, Gibbs (Eboue 46).

Manchester United : Van der Sar, Evra (Rafael 65), Ferdinand, Cristiano Ronaldo, Anderson (Giggs 63), Rooney (Berbatov 66), Park, Vidic, Carrick, O'Shea, Fletcher.
(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Guntur Mulyo W
Copyright © ANTARA 2009