Kemarin, rupiah menguat signifikan hingga perubahan jadwal KRL

Kemarin, rupiah menguat signifikan hingga perubahan jadwal KRL

Ilustrasi: Rupiah dan dolar AS (ANTARA FOTO)

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa dan berita ekonomi direkam dan disiarkan Kantor Berita Antara pada Jumat (3/4), mulai rasio elektrifikasi nasional yang mencapai 99,48 persen hingga perubahan jam operasional Kereta Rel Listrik (KRL) per 7 April 2020.

Berikut rangkuman informasi ekonomi yang disiarkan Antara pada Jumat (2/4) yang masih layak dibaca untuk mengisi awal pekan ini :

1. Rupiah akhir pekan perkasa di tengah tertekannya mata uang Asia

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan perkasa di tengah tertekannya mata uang Asia.

Rupiah pada Jumat sore ditutup menguat 65 poin atau 0,39 persen menjadi Rp16.430 per dolar AS dari sebelumnya Rp16.495 per dolar AS.

"Dengan rendahnya suku bunga di berbagai bank sentral global terutama AS, Eropa, dan Asia, menjadi daya tarik tersendiri untuk pasar dalam negeri. Apalagi suku bunga masih relatif tinggi sehingga sangat wajar kalau pelaku pasar kembali yakin terhadap prospek pasar keuangan dan perekonomian domestik," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

2. Presiden Jokowi: Rasio elektrifikasi di Indonesia capai 99,48 persen

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasio elektrifikasi di Indonesia pada 2020 ini sudah mencapai 99,48 persen atau lebih tinggi dibanding target di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yang sebesar 96 persen.

“Rasio elektrifikasi hingga 2020 ini telah mencapai 99,48 persen. Meningkat sangat signifikan dibanding 2014 yang berada di posisi 84 persen dan telah melampaui target RPJMN tahun 2015-2019 yang sebesar 96 persen,” kata Presiden Jokowi saat membuka rapat terbatas tentang peningkatan rasio elektrifikasi pedesaan, melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

3. IHSG akhir pekan ditutup melambung, meski mayoritas bursa Asia rontok

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada akhir pekan tenang berada di zona hijau meskipun terjadi pelemahan mayoritas bursa saham Asia.

IHSG Jumat sore ditutup menguat 91,74 poin atau 2,02 persen ke posisi 4.623,43. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 bergerak naik 14,31 poin atau 2,08 persen menjadi 702,42.

"Penguatan indeks hari ini didorong naiknya harga minyak dunia, plus rupiah menguat juga," kata Analis Indopremier Sekuritas Mino di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

4. Dirut Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana wafat

Kabar duka menyelimuti keluarga besar PT Pupuk Kujang atas meninggalnya Direktur Utama Bambang Eka Cahyana pada Jumat 3 April 2020.

Kepergian Bambang Eka Cahyana dikonfirmasi langsung oleh Sekretaris Perusahaan Pupuk Kujang, Ade Cahya Kurniawan, di Jakarta, Jumat.

"Telah berpulang ke Tuhan Yang Maha Esa, Bapak Bambang Eka Cahyana. Mohon doa terbaik semoga Tuhan YME memberikan ketabahan dan kesabaran bagi keluarga yang ditinggalkan," kata Ade Cahya Kurniawan.

Baca selengkapnya di sini

5. Penumpang semakin berkurang, KRL beroperasi 04.00-20.00 mulai 7 April

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengumumkan operasional kereta rel listrik (KRL) mulai pukul 04.00 hingga pukul 20.00 setiap hari, seiring dengan penurunan jumlah penumpang hingga 70 persen lebih, dari sebelumnya 900.000 hingga 1,1 juta penumpang per hari menjadi hanya sekitar 220.000 pengguna tiap harinya.

Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan waktu operasional KRL juga sejalan dengan penyesuaian jam operasional berbagai moda transportasi publik lainnya di Jakarta.

Baca selengkapnya di sini
 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kepala BPKH klarifikasi penyimpangan dana haji

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar