Petugas khusus angkut sampah dari ODP COVID-19 di Payakumbuh

Petugas khusus angkut sampah dari ODP COVID-19 di Payakumbuh

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz saat memasangkan APD kepada salah satu petugas yang akan melayani pembuangan sampah dari ODP. ANTARA/Akmal Saputra

Semangat ini lah yang akan kita pegang teguh bagaimana meyakinkan masyarakat kalau yang kita hadapi ini serius dan bukan main-main...
Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menyiapkan enam becak motor dan petugas khusus yang akan bekerja untuk mengumpulkan sampah dari Orang Dalam Pengawasan (ODP) terkait virus corona atau COVID-19 di daerah itu.

Wakil Wali kota Payakumbuh Erwin Yunaz di Payakumbuh, Sabtu mengatakan pengawasan dan penanggulangan untuk penyebaran COVID-19 harus tuntas, termasuk sampah dari ODP.

"Semangat ini lah yang akan kita pegang teguh bagaimana meyakinkan masyarakat kalau yang kita hadapi ini serius dan bukan main-main. Semoga semangat ini tertular kepada masyarakat kita," katanya.
Baca juga: Petugas kebersihan Payakumbuh dibekali APD

Ia mengatakan setiap petugas yang telah ditunjuk telah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap standar penanganan limbah tersebut. Serta cairan pencuci tangan dan sesuatu hal yang dianggap penting dalam menjalankan tugas.

"Jangan sembrono dan harus memerhatikan SOP nya, petugas kita ini mendapat jaminan khusus dari Pemko karena mereka bekerja penuh resiko," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Payakumbuh Dafrul Pasi mengatakan pelayanan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup Nomor 2 Tahun 2020 dan tindak lanjut Edaran Gubernur Sumbar Tahun 2020 tentang pengolahan limbah infeksius dan sampah rumah tangga dari ODP COVID-19.

Ia mengatakan pihaknya sudah menunjuk petugas dan enam becak motor yang sudah dimodifikasi untuk melayani sampah ODP di Payakumbuh.
Baca juga: Kunjungan warga ke MPP Payakumbuh turun, dampak pembatasan sosial

"Semua petugas ini nantinya tersebar di 5 kecamatan yang ada. Setiap petugas juga telah mengetahui setiap rumah yang ODP," kata dia.

Ia menyebutkan sampah infeksius dari ODP tidak boleh dicampur dengan limbah orang lain. Penanganan untuk sampahnya pun akan dipisahkan sehingga nantinya tidak menjadi media baru untuk penyebaran COVID-19.

"Bahkan, seluruh becak motor yang digunakan oleh petugas khusus kita itu juga akan disemprotkan disinfektan setiap harinya. Petugas kita juga telah kita beri arahan apa saja yang harus dilakukan sebelum dan sesudah mengumpulkan sampah ODP," katanya.
Baca juga: Pemerintah dan TNI-Polri antisipasi corona di Payakumbuh

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar