Cirebon (ANTARA News) - Enggartiasto Lukita dari Partai Golkar terpilih kembali menjadi anggota DPR RI untuk periode ketiga karena dalam Pemilu 9 April 2009 ia mengantongi suara terbanyak untuk pemilihan wilayah III Cirebon.

"Saya terpilih untuk periode ketiga, tetapi dalam pemilu ini saya rasakan paling rumit," katanya saat ramah tamah dengan sejumlah tokoh di Cirebon, Kamis malam.

Ia lalu menceritakan bahwa untuk meraih suara terbanyak tersebut bukan serta-merta, melainkan harus direncanakan dan melakukan interaksi dengan masyarakat dalam waktu yang panjang.

"Saya memiliki dua konsultan guna merancang kapan mau pasang umbul-umbul termasuk di mana makan siang," katanya.

"Jadi tidak ada sesuatu yang didapat dengan cara instan, melainkan harus dengan proses dan perencanaan yang matang termasuk dalam meraih suara terbanyak," katanya.

Ia mengakui dalam kampanye lalu, sekitar satu setengah bulan harus berada di Cirebon. "Satu hari saya harus berada di empat titik," katanya.

Hal yang sangat berat adalah harus menyampaikan hal yang sama dalam lima hari dan ditambah lagi harus mengendalikan emosi, tambahnya.

Ia juga mengingatkan para pemimpin bahwa selagi di atas jangan pernah menyakiti orang lain. "Ini salah satu yang ia terapkan selama menjadi anggota DPR RI dan menjadi modal untuk dipilih kembali," katanya.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009