Malang (ANTARA News) - Tim tuan rumah Arek Malang (Arema) harus mengakui ketangguhan Persib Bandung dan akhirnya takhluk 0-2 dari tim berjuluk "Maung Bandung" itu dalam lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Sabtu malam.

Dua gol Persib Bandung tanpa balas yang mengoyak gawang Arema yang dijaga Dadang Sudrajat itu dipersembahkan oleh Hilton Moreira pada menit ke-11 dan Christian Gonzales pada menit ke-62.

Gol pertama Persib Bandung yang dilesakkan Hilton Moreira berawal dari tendangan pojok yang dilakukan Eka Ramdani mampu dimanfaatkan maksimal melalui "heading" yang gagal diselamatkan kiper Arema, Dadang Sudrajat.

Pada menit ke-62, Persib Bandung yang diperkuat pemain-pemain berkualitas itu menggandakan kemenangannya menjadi 0-2 melalui tendangan keras dari Christian Gonzales.

Kekhawatiran manajemen Arema pada menit-menit awal pertandingan lawan mampu menjebol gawang yang dikawal Dadang sudrajat terbukti, karena gol pertama Hilton Moreira terjadi pada menit ke-11.

Pada babak pertama, kedua tim saling menyerang bahkan Arema lebih banyak melakukan serangan dan menciptakan peluang yang mengancam gawang Persib Bandung yang dikawal Tema Mursadat, namun permainan Tema yang cukup cemerlang selalu mampu menepis setiap bola yang mengarah ke gawangnya.

Setelah kebobolan satu gol, pemain Arema berusaha bangkit dengan bermain keras dan terus menerus menyerang lini pertahanan Persib Bandung, namun pertahanan Persib yang digalang Nova Arianto dan benteng pertahanan terakhir yang dijaga Tema Mursadat itu terlalu tangguh bagi pemain Arema.

Apalagi setelah masuknya Buston Nagbe Brown yang menggantikan Achmad Bustomi, permainan Arema sedikit berubah dan lebih hidup. Namun sayang beberapa kali peluang yang seharusnya mampu melahirkan gol harus kandas ditangan penjaga gawang Tema Mursadat.

Permainan Arema yang sedikit lebih baik hanya berlangsung beberapa menit saja, karena awal 45 menit babak kedua, Buston Nagbe Brown terpaksa harus ditarik kembali dan diganti Zulkifli Syukur, karena mengalami `hamstring`.

Selain menarik Buston Nagbe Brown, pelatih Arema Gusnul Yakin kembali menambah amunisi baru dengan memasukkan Erick Setiawan dan menarik Alexander Pulalo. Namun, upaya itu tak juga membuahkan gol bagi Arema.

Pelatih Persib Bandung, Jaya Hartono juga tak mau ketinggalan untuk menambah amunisinya dengan menarik Lorenzo Cabanas dari lini tengah dan memasukkan Gilang Angga untuk memperkuat lini pertahanan sekaligus mengamankan kemenangan timnya dari tuan rumah.

Kekalahan Arema dari Persib Bandung, semakin memperpanjang daftar kegagalan Arema untuk meraih poin penuh, baik dikandang maupun tandang. Dari tujuh kali bertanding pada putaran kedua, ARema hanya membukukan dua kali seri ketika menjamu Persija Jakarta dan dijamu Deltras Sidoarjo.

Gagalnya Arema meraih poin absolut dikandang juga semakin memperburuk posisi Arema di klasemen sementara LSI 2008/2009 bahkan mencatatkan prestasi terburuk sepanjang sejarah Arema selama berkompetisi.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009