Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA bersinergi dengan PT Aplikanusa Lintasarta, melalui kerjasama mobile content (content berita untuk seluler) atau penyelenggaraan jasa SMS.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan, Direktur Utama (Dirut) Perum LKBN ANTARA Akhmad Mukhlis Yusuf dengan Dirut PT Aplikanusa Lintasarta, Noor SDK Devi, di Lantai 19 Wisma ANTARA, Jakarta, Senin.

Pada kesempatan itu juga, dilakukan penandatanganan kerjasama oleh Dirut Perum LKBN ANTARA dengan Dirut PT Lintas Media Danawa, Arief R Yulianto, melalui layanan On Device Portal (ODP).

Dirut Perum LKBN ANTARA, Akhmad Muhlis Yusuf mengatakan, dalam kerjasama itu ANTARA menyediakan content yang dibutuhkan pasar sementara Lintasarta dalam penyediaan infrastrukturnya, dan modelnya adalah renevue sharing atau pembagian pendapatan.

ANTARA sebagai content provider, sekarang sedang menjalankan implementasi ISO 9001- 2008 untuk membangun konsistensi, supaya news room-nya konsisten.

Kalau news room-nya sudah konsisten maka bisa bekerjasama dan dapat diandalkan untuk bekerjasama dengan pemilik infrastruktur manapun.

Kerjasama ini merupakan salah satu buah atau kegiatan nyata pada kondisi ANTARA sedang bertransformasi.

Transformasi ANTARA terdiri dari tiga pilar masing-masing budaya kerja dibangun, sistem diperkuat serta model bisnisnya.

"Kerjasama ini termasuk yang ketiga yakni model bisnis, go retail," katanya.

Saat ini, katanya, ANTARA, memiliki 308 pelanggan media baik cetak, televisi, portal, on line.

"Kalau kita membuka akses berita kita kepada pelanggan media untuk publik, nanti diprotes oleh pelanggan ANTARA, dan itu tidak bijaksana, "katanya.

Tetapi kalau masuk ke retail, katanya, bagaimana berita-berita ANTARA bisa diakses melalui tehnologi oleh individu-individu, jadi ini adalah bagian dari model-model bisnis yang bisa diharapkan mendapatkan keuntungan financial buat ANTARA.

Dirut PT Aplikanusa Lintasarta, Noor SDK Devi, mengatakan melalui kerjasama tersebut, dengan tehnologi yang dimiliki, untuk mempermudah penyiaran berita.

"Lintasarta akan membantu menyebarkan berita dengan cepat, cepat, handal dan luas," katanya.

Dirut PT Lintas Media Danawa, Arif R Yulianto mengatakan, berharap kedepan kerjsama tersebut akan semakin lebih banyak.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009