Medan (ANTARA News) - Jaringan telekomunikasi di Sumut "lumpuh" hampir sembilan jam sejak sekitar pukul 13.00 WIB akibat terjadinya gangguan kabel fiber optic PT Telkom pada sambungan Pekanbaru-Rengat dan Pekanbaru-Batam.

"Telkom minta maaf. Akibat gangguan itu kses layanan komunikasi ke arah Sumatra bagian Selatan dan kota-kota lainnya ikut terganggu, baik berupa layanan telepon rumah, layanan internet, Flexi, Komunikasi Data dan VPN/ IP," kata Executive General Manager Telkom Sumatra, Muhammad Awaluddin, di Medan, Senin.

Sejak diketahui adanya gangguan itu, Telkom sudah berupaya menanganinya antara lain dengan mengalihkan sebagian trafik via Satelit dan radio transmisi digital.

Konsekuensinya, kata dia, trafik internet yang bisa ditangani hanya 10 persen saja karena dari sisi bandwidth, kemampuan handling traffic via satelit dan radio trasmisi jauh lebih rendah di bawah fiber optic.

Mengenai penyebab terjadinya gangguan massal tersebut, hingga Senin malam masih dilakukan penelitian.

"Telkom lebih mempriotaskan melakukan perbaikan sesegera mungkin, agar seluruh layanan bisa kembali pulih dan syukurnya sekitar pukul 20.00 WIB layanan koumnikasi sudah mulai bisa," katanya.

Telkom berharap seluruh layanan tersebut bisa kembali pulih sebelum pukul 24.00 WIB.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009