Tokyo (ANTARA News/AFP) - Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin tiba di Jepang Senin untuk mengadakan pemicaraan dengan para pemimpin penting politik dan bisnis Jepang, beberapa pejabat mengatakan.

Dengan delegasi berkekuatan besar dalam barisannya, pesawat Putin mendarat di Bandara Haneda Tokyo Senin malam setelah berhenti untuk melakukan kunjungan ke Timur Jauh Rusia, pejabat pemerintah dan bandara mrngatakan.

Putin akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Taro Aso Selasa malam untuk memperluas hubungan bisnis Moskow dengan Tokyo, tapi tak mungkin untuk memberi konsesi dalam sengketa kepulauan yang telah berusia beberapa dasawarsa yang menahan hubungan itu.

Kedua negara itu tidak pernah menandatangani perjanjian damai yang mengakhiri Perang Dunia II karena sengketa mengenai kepulauan yang dikenal di Jepang sebagai Wilayah Utara dan di Rusia sebagai Kuril Selatan, yang direbut oleh Soviet pada 1945 itu.

Selama tinggalnya di Jepang, bekas presiden Rusia itu diperkirakan akan menandatangani perjanjian dengan Jepang untuk meningkatkan penggunaan tenaga nuklir bukan untuk militer, seperti untuk pembangkit listrik.

Dalam satu wawancara dengan media Jepang di Moskow, Putin mengatakan ia juga akan menyampaikan daftar proyek kerjasama ekonomi dengan Jepang.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009