Jakarta, (ANTARA News) - RSPAD Gatot Soebroto menyiagakan 36 dokter termasuk dokter spesialis untuk memeriksa calon presiden dan wakil presiden mulai 11-18 Mei 2009.

Kepala RSPAD Brigjen TNI Supriyantoro ketika di konfirmasi ANTARA di Jakarta, Selasa, mengatakan, ke-36 dokter itu terdiri atas 24 dokter dari Ikatan Dokter Indonesia dan 12 dokter spesialis dari RSPAD.

"Ada 12 jenis pemeriksaan yang akan dilakukan seperti cek laboratorium, jantung, saraf, paru-paru, dan lain-lain," katanya.

RSPAD Gatot Subroto ditunjuk sebagai penyelenggarakan tes kesehatan bagi capres dan cawapres. Terkait itu, setidaknya ada 12 ruangan di lantai satu yang disediakan sebagai ruang pemeriksaan.

Mulai hari ini, 12 ruangan tersebut telah disterilkan. RSPAD Gatot Subroto bakal melangsungkan tes kesehatan bagi pasangan capres-cawapres mulai pukul 8.30 WIB hingga 17.00 WIB dari 11 hingga 18 Mei mendatang.

Tes dimaksudkan guna mengetahui kesehatan pasangan capres-cawapres dalam menggulirkan roda pemerintahan lima tahun ke depan jika terpilih.

Dalam kunjungannya ke RSPAD Gatot Soebroto, beberapa waktu lalu, Anggota KPU Andi Nurpati mengatakan, dipilihnya RSPAD Gatot Subroto itu berdasarkan rekomendasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang merupakan mitra kerja KPU dalam melakukan uji kesehatan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden.

"KPU memilih RSPAD dengan alasan kelengkapan tenaga ahli dan berpengalaman melakukan pemeriksaan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2004", katanya.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009