Tokyo (ANTARA News) - PM Rusia Vladimir Putin meminta komunitas bisnis Jepang untuk menanamkan modalnya dalam proyek-proyek pengembangan sumber daya energi di Rusia, terutama di kawasan timur jauh negara tersebut.

"Moskow siap mengadakan dialog dengan perusahaan-perusahaan Jepang," kata Putin dalam pertemuannya dengan kalangan usahawan Negeri Sakura di Tokyo, Selasa, demikian Kyodo.

Putin berada di Jepang selama dua hari sebagai kunjungan balasan atas kedatangan PM Jepang Taro Aso ke Rusia pada Februari lalu.

Menurut salah seorang pengusaha anggota Federasi Pebisnis Jepang (Nippon Keidanren), Putin mengemukakan bahwa tahap pertama dari proyek pembangunan jalur pipa minyak dari Siberia ke Pasifik baru saja selesai. Kini Rusia sedang mencari investor dari Jepang untuk melanjutkan proyek pembangunan tahap kedua.

"Jika ingin proyek ini cepat selesai, saya lebih menginginkan perusahaan-perusahaan Jepang yang berpartisipasi dalam proyek ini," kata Putin lagi.

Ketua Nippon Keidanren Fujio Mitarai ikut memimpin langsung pertemuan yang juga melibatkan pebisnis dari Rusia itu. Nippon keidanren dikenal memiliki pengaruh lobi yang sangat kuat terhadap pemerintahan Jepang.

Mitarai mengatakan, pertemuan dengan pihak Rusia merupakan hal yang penting bagi pengusaha Jepang guna tetap memelihara hubungan yang baik dengan Rusia.

Dalam tiga tahun belakangan nilai perdagangan bilateral Jepang-Rusia meningkat dua kali lipat menjadi sekitar 30 juta dolar AS.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009