Jakarta (ANTARA News) - Para bankir, Rabu, mengatakan posisi wakil presiden untuk Boediono akan mendorong perekonomian Indonesia terus maju.

"Saya kira itu baik untuk perekonomian, bisa mendorong perekonomian," kata Direktur Utama Bank BNI Gatot M Suwondo di Jakarta, Rabu.

Hal sama diungkapkan Wakil Presiden Direktur Bank Danamon Joseph Luhukay yang menyebut Boediono termasuk orang yang bisa diterima oleh pasar.  "Saya rasa itu bagus untuk bangsa."

Boediono tengah dipromosikan menjadi calon wakil presiden untuk Susilo Bambang Yudhoyono untuk Pemilihan Presiden 2009, sementara Partai Demokrat terus melakukan komunikasi dengan partai politik mitra koalisinya.

Namun partai politik yang sebelumnya mendukung Yudhoyono --PKS, PAN dan PPP -- menunda meneken koalisi dengan Partai Demokrat karena tidak menyetujui Boediono, padahal Yudhoyono akan mendeklarasikan sendiri cawapresnya 15 Mei mendatang.

Sementara itu, pengamat ekonomi Umar Juoro menilai, Boediono justru akan lebih berkontribusi pada perekonomian jika berada di posisinya sekarang, karena jabatan cawapres sebaiknya diisi oleh orang dari partai politik.

Pertimbangan ini diambil karena dalam menjalankan pemerintahan yang efektif, presiden harus mendapat dukungan Parlemen agar kebijakan pemerintah tidak mendapat tentangan parleman. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009