Rom, (ANTARA News) - Lazio mengalahkan Sampdoria 6-5 lewat adu penalti dan berhak atas Piala Italia setelah pada pertandingan final yang berlangsung Rabu di Stadio Olimpico bermain imbang 1-1 hingga pertambahan waktu permainan.

Penjaga gawang dari Uruguay Fernando Muslera menyelamatkan tendangan Antonio Cassano dan Hugo Campagnaro sebelum Ousmane Dabo mencetak angka dari titik putih, membuat tim Roma itu memenangkan Piala Italia kelima kalinya dan mendapat tempat pada kompetisi Liga Eropa musim mendatang, demikian dikutip dari Reuters. 

Kapten Tommaso Rocchi, pemain pengganti setelah turun minum, satu-satunya pemain Lazio yang gagal melakukan tendangan penalti.

Striker dari Argentina Mauro Zarate membuat Lazio unggul pada menit kelima ketika berhasil maju ke dekat kotak penalti lawan dan melancarkan tembakan menggunakan kaki kanan ke dalam gawang lawan.

Gimpaolo Pazzini menyamakan kedudukan ketika pertandingan berlangsung 31 menit setelah Marius Stankevicius mencoba mengirim bola yang akhirnya sampai kepada Antonio Cassano dan meneruskannya kepada Gimpaolo.

Lazio mencoba menambah angka mereka pada babak kedua tetapi barisan bertahan Samp amat kuat dan dapat menghalau serangan berbahaya yang dilancarkan Zarate dan Goran Pandev, sebelum Pasquale Foggia mencoba lagi dari posisi bagus ketika pertandingan berlangsung satu jam.

Sampdoria nyaris membuahkan angka kemenangan pada pertambahan waktu, ketika Antonio Cassano memiliki peluang melakukan tendangan, namun bola melebar ke luar gawang.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009