Jakarta (ANTARA News) - PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun tengah menuntaskan pembuatan kereta api (KA) yang dipesan pemerintah untuk dioperasikan di sejumlah daerah.

Humas PT INKA Fatorrosyid di Jakarta Jumat mengatakan, selain pesanan dari pemerintah melalui Departemen Perhubungn, INKA juga menerima pesanan dari PT KA.

"Saat ini masih proses pengerjaan. Dalam satu bulan kami menargetkan satu rangkaian gerbong KA siap didistribusikan," katanya.

Menurut dia, KA pesanan dari pemerintah maupun PT KA ada beberapa jenis mulai dari KA kelas ekonomi, ekskutif, Kereta Rel Listrik (KRL), Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) serta Rel Bus.

Satu rangkaian gerbong KA kelas ekonomi dan kelas eksekutif masing-masing sebanyak 10 gerbong, sedangkan untuk jenis KRL maupun KRDI masing-masing empat sampai lima rangkaian gerbong.

"Untuk KA ekonomi digunakan untuk angkutan jalur panjang di Jawa dan Sumatra. Khusus untuk KRDI digunakan untuk jalur pendek perkotaan," katanya di sela Pameran Produksi Indonesia 2009 di Arena Pekan Jakarta (PRJ).

Ia juga menjelaskan, selain melayani pesanan dari pemerintah pusat dan PT KA, pihaknya juga melayani pesanan KA dari beberapa Pemda seperti Sumatra Selatan dan Aceh.

"Pemda Sumatra Selatan pesan KA jenis Rel Bus sedangkan Aceh pesan jenis Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE). Saat ini semuanya telah terkirim," katanya.

Rel Bus adalah sejenis KA mini yang terdiri tiga rangkaian gerbong dan jalur yang digunakan sama dengan KA pada umumnya. Untuk KRDE panjangnya sama dengan KRDI yaitu empat sampai lima rangkaian gerbong.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009