Surabaya (ANTARA News) - Kaum perempuan lebih berpotensi menjadi pengusaha sukses karena mereka memiliki beberapa karakter yang tidak dimiliki kaum lelaki.

"Perempuan bisa lebih sukses sebagai pengusaha karena memiliki intuisi yang tajam," kata Pakar Marketing Rhenald Kasali di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, wanita lebih berpengalaman dengan ketidakpastian yakni terlihat saat mereka mengurus keluarga dan anak-anaknya.

"Adanya kedekatan dengan ketidakpastian inilah yang menjadi kunci sukses dalam berbisnis," ujarnya.

Ia menjelaskan, dunia bisnis memang identik dengan ketidakpastian sehingga mereka yang ingin sukses di bidang bisnis harus bersahabat dengan ketidakpastian.

"Semakin pasti suatu bisnis, semakin kecil risiko yang dihadapi, namun keuntungannya semakin kecil," katanya.

Ia mencontohkan, di Australia bisnis properti segalanya pasti, artinya izin mendirikan usaha mudah, pasarnya jelas ada, lahan pun melimpah, dan pasti laku, namun keuntungan yang diperoleh relatif minim.

Sebaliknya, tambah dia, berbisnis properti di Indonesia, dengan lahan yang jarang, pasarnya belum jelas, izin pun berbelit-belit justru akan mendatangkan banyak keuntungan.

"Alasannya, pelaku usaha akan aktif mencari strategi untuk mendapatkan keuntungan besar. Kalau pasar sudah tersedia, mereka justru akan malas berusaha," katanya.

Rhenald juga memberikan tips sukses dalam berbisnis, yaitu calon pengusaha harus menciptakan pasar, bukan sekadar mengikuti pasar yang ada.

Terkait modal dalam menjalankan bisnis, ada beberapa alternatif seperti mengajukan kredit ke bank atau mengajak pihak lain menjadi mitra bisnis.

"Namun, jangan salah pilih mitra. Yang terpenting bukanlah dia keluarga atau bukan, teman atau bukan, melainkan apakah ada chemistry antara Anda dan calon partner Anda. Juga jangan memilih partner semata-mata karena uangnya," kata Rhenald.

Hal terpenting, hindarilah memilih kawan bisnis yang posisinya sejajar, pungkasnya. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009