Jakarta (ANTARA News) - Setelah menyelenggarakan FIBA Asia Champions Cup 2009 di Arena Britama, Kelapa Gading Sport Mall, sejak 12 Mei lalu, Mahaka Sport dalam waktu dekat akan menggelar liga bola basket Asia Tenggara.

"Mulai September mendatang kami akan menggelar liga bola basket Asia Tenggara di Arena Britama, Kelapa Gading Sport Mall," kata Manajer Pemasaran Mahaka Sport Arnold G. Ticoalu di Jakarta, Senin.

Menurut dia, liga bola basket tersebut akan diikuti klub terbaik dari tujuh negara, Singapura, Filipina, Thailand, Malaysia, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Indonesia.

Pada liga tersebut, menurut Arnold, sistem pertandingan akan berbeda dengan kejuaraan FIBA Asia Champions Cup yang saat ini sedang berlangsung.

Dia menjelaskan pada kejuaraan FIBA Asia itu, semua klub bertanding di satu tempat, sedangkan untuk liga Asia Tenggara nanti, akan menggunakan sistem pertandingan kandang dan tandang.

"Kebetulan untuk menggelar pertandingan di Indonesia kami yang menjadi pelaksana," katanya.

Dia mengatakan, setiap klub yang akan bertanding dapat menggunakan dua pemain asing di luar Asia Tenggara dan dua pemain asing di tingkat Asia Tenggara.

Menurut dia, kualitas pemain dari ketujuh negara yang akan ikut liga itu masih belum merata.

"Dengan menggunakan pemain asing, diharapkan dapat meningkatkan dan membangkitkan olahraga bola basket di negara-negara di Asia Tenggara," katanya. (*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009