Paris (ANTARA News/AFP) - Penjualan telepon genggam (handphone) dunia turun mencapai rekor 9,4 persen pada kuartal pertama 2009 menjadi 269 juta unit, dan tampaknya akan turun 4,2 persen hingga akhir tahun, demikian diungkapkan kelompok riset Gartner, Rabu.

Penurunan yang telah diperkirakan itu terjadi setelah dalam lebih enam tahun turun terus-menerus.

Namun demikian, penjualan handphone pintar (smartphone) yang memungkinkan penggunanya menjelajahi internet atau meonton video, naik 12,7 persen dalam kuartal pertama menjadi 36,4 juta unit.

Smartphone meliputi 13,5 persen penjualan telepon genggam dalam kuartal pertama, lebih tinggi dibanding periode sama tahun sebelumnya yang sebesar 11 persen, demikian menurut Gartner.

Perusahaan Nokia dari Finlandia menempati peringkat pertama dengan penjualan sebesar 97 juta unit, tetapi pangsa pasarnya turun menjadi 36,2 persen dari 39,1 persen pada kuartal pertama 2008.

Perusahaan Samsung dari Korea Selatan, berada di peringkat kedua, dengan pangsa pasar 19,1 persen, naik dari sebelumnya 14,4 persen, karena peningkatan penjualan sebesar 21,4 persen.

Perusahaan Motorola dari Amerika Serikat penjualannya turun hampir 45 persen pada kuartal pertama, dan posisinya sebelumnya berada di urutan ketiga digantikan perusahaan LG dari Korea Selatan.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009