ACT Sulsel bagikan APD ke sejumlah Puskesmas di Makasar

ACT Sulsel bagikan APD ke sejumlah Puskesmas di Makasar

Relawan ACT Sulsel memberikan bantuan berupa baju alat pelindung diri (APD) bagi para petugas medis di beberapa Puskesmas di Makassar. ANTARA/HO/ACT Sulsel

Para tenaga medis ini juga punya keluarga, umumnya punya suami, istri dan anak-anak. Mereka juga butuh dilindungi dan ini adalah ikhtiar kami untuk membantu dan menguatkan mereka
Makassar (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan global Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan menyalurkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis di sejumlah Puskesmas di Makassar.

Kepala Cabang ACT Sulsel Faizal Agunisman di Makassar, Selasa mengatakan penyaluran APD itu untuk menjaga mereka dari kemungkinan penularan COVID-19 melalui kontak langsung.

Baca juga: ACT kirim truk dapur umum ke Pulau Galang untuk penanganan COVID-19

"Petugas medis kini menjadi garda terdepan dalam penanganan COVID-19. Namun, jumlah personel dan alat-alat penunjang kerja terbatas, sementara jumlah korban terus meningkat. Inilah yang menjadi salah satu sasaran dan kepedulian kami," ujarnya.

Ia mengatakan tenaga medis kini menjadi sorotan di tengah semakin meluasnya wabah pandemi COVID-19 ini dengan alat pelindung diri yang sangat minim.

Baca juga: ACT Bali bersama elemen relawan Denpasar bergabung melawan COVID-19

Di tengah meluasnya pandemi, para dermawan juga terus mempercayakan dananya dengan menyumbangkan sebagian uangnya untuk digunakan membeli perlengkapan yang dibutuhkan.

"Para tenaga medis ini juga punya keluarga, umumnya punya suami, istri dan anak-anak. Mereka juga butuh dilindungi dan ini adalah ikhtiar kami untuk membantu dan menguatkan mereka," katanya.

Baca juga: Selama pandemi COVID-19, ACT DIY bagikan makanan gratis

Bantuan APD ini juga masih lanjutan dari bantuan sebelumnya di empat Puskesmas di Makassar yakni di Puskesmas Jongaya, Puskesmas Bara-Baraya, Puskesmas Tamamaung dan Puskesmas Antang.

Bantuan ini berupa 20 set APD yang terdiri dari 20 baju hazmat, 20 sarung tangan, 20 sepatu booth, 20 kaca mata pelindung, 20 face shield dan 10 helm pelindung.

"Semoga bantuan APD ini bisa digunakan dengan baik oleh para tenaga medis kita dan mereka terlindungi dari penularan COVID-19. Bantuan APD masih akan terus kami salurkan," katanya.

Faizal menyampaikan, jika ada masyarakat atau dermawan yang ingin mendonasikan bantuannya untuk diteruskan kepada yang berhak bisa langsung melalui beberapa rekening bank ACT Sulsel.

Pihaknya membuka saluran donasi melalui rekening Bank BNI Syariah dengan nomor rekening 777 1659 997. Bagi para donatur juga diharuskan untuk menambahkan kode 456 pada akhir nominal transfer, seperti dicontohkan Rp100.456.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar