Garissa, Kenya (ANTARA News/Reuters) - Empat pria berkerudung telah menculik seorang ulama yang mengungsi di sebuah kamp Kenya, Senin, tetangga pria di kamp pengungsian itu mengatakan.

Abdikadir Abdi, 60, ditangkap ketika sedang tidur di luar tempat perlindungan sementaranya di kamp Ifo di Kenya timurlaut dan dibundel ke sebuah kendaraan yang dengan cepat menuju perbatasan Somalia.

"Insiden itu telah mengejutkan masyarakat pengungsi," Hodan Abdi, seorang tetangga pria yang diculik tersebut, mengatakan pada Reuters. "Itu (penculikan) terjadi pada sekitar pukul 2 pagi. Kami mengkhawatirkan hidup kami."

Abdi mengatakan pria yang diculik itu adalah seorang ulama yang terus terang yang telah mengkritik kegiatan gerilyawan al Shabaab di Somalia dalam serangkaian khutbah di sebuah masjid di kamp itu.

Ann Campel, seorang pejabat badan pengungsi PBB di kamp itu, mengatakan rincian mengenai penculikan tersebut masih kurang lengkap.

Sejumlah pria bersenjata telah melintasi perbatasan terpencil itu ke Kenya dan menculik dua perawat Italia serta lima pegawai pemerintah Kenya dalam sejumlah insiden terpisah. Mereka telah dibebaskan.

Serangan Senin adalah penculikan pertama atas seorang warga Somalia.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009