Padang, 25/5 (ANTARA) - Ketua Himpunan Masyarakat Rantau Tionghua (HMRT) Ghuan Zhou, Tjiang Lok Le mengunjungi Sumatera Barat (Sumbar) dalam rangka melihat warga Tionghua yang tersebar di kabupaten dan kota pada provinsi itu.

Rombongan Ketua HMRT Ghuan Zhou yang juga istri Gubernur di salah satu daerah pada Negara Republik Rakyat China (RRC) itu, disambut warga Tionghua di Kawasan Pondok Kota Padang, Senin.

Dalam pertemuan khusus rombongan Ghuan Zhou dengan Pemprov Sumbar, di Gedung Himpunan Tjinta Teman (HTT) Padang, Gubernur Sumbar, Gamawan Fauzi dalam sambutannya mengatakan, masyarakat Minang dengan Ghuan Zhou mempunyai kesamaan yang suka hidup merantau.

Namun, diakui tingkat keberhasilan masyarakat Ghuan Zhou lebih terbukti karena telah mendunia, sehingga ada baiknya kunjungan Ketua HMR Ghuan Zhou ke Sumbar, bisa mentransfer hal-hal penting untuk kemajuan perekonomian masyarakat di daerah ini.

Gamawan Fauzi menceritakan, pada 1.000 Masehi, orang-orang China telah mengajarkan irigasi di Jerman, pada tahun itu juga keramik dan berbagai karyanya telah tumbuh di negara tersebut.

Hal itu, tambahnya, sesuatu yang sangat menakjubkan sehingga sampai saat ini tetap dikagumi kemajuan dan pertumbuhan ekonomi China. Oleh karenanya, perlu ditingkatkan hubungan baik ini dengan kerjasama yang baik melalui Himpunan Masyarakat Rantau Ghuan Zhou.

Dalam kesempatan itu, Gamawan juga menawarkan masyarakat Ghuan Zhou berinvestasi di Sumbar, membangunan Rumah Sakit spesialis ginjal seperti di Ghuan Sho, sehingga menjadi daerah rujukan bagi pasein di Indonesia, karena selama ini mereka ke pergi Ghuan Sho.

"Ini merupakan kesempatan dan peluang membangun hubungan baik dan saling menjaga untuk masa yang akan datang," kata Gamawan.

Terkait, peluang untuk berinvestasi diberbagai sektor cukup terbuka di antaranya sektor perikanan, memang hingga kini telah banyak penanam modal yang berasal dari pengusaha China terutama di sektor pertambangan di sejumlah kabupaten dan kota di Sumbar.

Ketua Himpunan Masyarakat Rantau Tionghoa Tjiang Lok Le, pada sambutannya memuji Sumbar yang merupakan daerah sangat indah dan melihat perekonomian masyarakat Tionghua disini (Padang) cukup baik.

Negara China mengalami kemanjuan yang pesat berkat bantuan para perantaunya dan hendaknya ini juga menjadi perhatian bersama.

Negeri Ghuan Zhou, katanya seperti dituturkan transeleternya itu, dengan senang hati membuka tangan menunggu kunjungan Gubernur Gamawan Fauzi bersama rombongan, sehingga hubungan ini akan mampu memberikan manfaat yang lebih baik, karena saling berinvestasi sangat baik untuk kemajuan kedua daerah dimasa-masa datang.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009