BMKG imbau waktu berjemur sesuai indeks ultra violet

BMKG imbau waktu berjemur sesuai indeks ultra violet

Warga berjemur dan berolahraga di kawasan Petamburan, Jakarta, Minggu (12/4/2020). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga  di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek).  untuk waktu berjemur sesuai dengan indeks ultraviolet (UV).

Dikutip dari Instagram BMKG, Rabu 15 April 2020 pukul 05.00 WIB, perkiraan waktu berjemur yang baik sekitar pukul 08.00 WIB dengan indeks UV 0-2 atau risiko bahaya rendah.

Sementara pukul 09.00 WIB - 10.00 WIB indeks UV 3-5 atau risiko bahaya sedang. Kemudian pukul 11.00 WIB - 13.00 WIB memiliki indeks UV 6-7 atau risiko bahaya tinggi.

Baca juga: Pengiriman bansos PSBB di Kepuluan Seribu terkendala cuaca

Kemudian pada Pukul 14.00 WIB memiliki indeks UV 3-5 dengan risiko bahaya sedang. Waktu berjemur yang baik, kembali di pukul 15.00 WIB dengan indeks UV 1-3 atau risiko bahaya rendah.

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki tradisi baru untuk berjemur di bawah sinar matahari. Upaya itu diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk menangkal pandemi virus corona (COVID-19).

Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia Daeng M Faqih juga mengatakan berjemur di bawah sinar matahari tidak dikatakan sebagai pencegahan COVID-19.

Namun Daeng mengakui bahwa berjemur sinar matahari selama 10 hingga 15 menit bagus untuk kesehatan yaitu untuk mendapatkan vitamin D.

"Berjemur memang bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh, tapi tidak bisa dikatakan sebagai pencegahan COVID-19," kata Daeng.

Baca juga: DPRD sebut bansos warga terdampak saat PSBB empat kali penyaluran
Baca juga: Kemensos bagikan 12.000 masker dan 600 hand sanitizer ke 3 rumah sakit

Pewarta: Fauzi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tingkatkan imunitas tubuh, warga Tangerang berjemur di rel kereta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar