Islamabad, 27/5 (ANTARA/AFP) - Militer Pakistan mengatakan, Selasa, mereka telah membunuh 29 gerilyawan dalam 24 jam terakhir di lembah Swat di bagian baratlaut negara itu, tempat tentara terkunci dalam perang sebulan lamanya untuk mengusir gerilyawan Taliban.

"Dalam 24 jam terakhir, 29 gerilyawan telah tewas, sementara 14 yang lain terlihat di berbagai daerah di Swat dalam tembak-menembak dengan pasukan keamanan," militer mengatakan dalam satu pernyataan.

"Enam tentara telah memeluk shahadat (tewas) dan 11 tentara terluka."

Pasukan keamanan mulai menggempur posisi Gerilyawan di distrik Buner, Lower Dir dan Swat akhir bulan lalu, setelah para pejuang Taliban maju ke dalam 100 Km dari ibukota Islamabad.

Militer mengatakan bahwa tentaranya Selasa telah membuat "kemajuan sungguh-sungguh" di kota penting Mingora di Swat -- yang telah dikuasai Taliban selama beberapa pekan -- dengan 18 gerilyawan telah tewas di tempat itu dan penggeledahan rumah sedang berlangsung.

Militer mengatakan hampir 1.190 gerilyawan dan 75 tentara telah tewas dalam serangan gencar yang dilancarkan di distrik Lower Dir pada 6 April, Buner 28 April dan Swat pada 8 Mei, tapi para korban itu tidak dapat dipastikans secara independen.

Tidak ada pernyataan resmi mengenai korban sipil.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009