Modal Pasif Mencakup Kepentingan dalam Saham Istimewa, Saham Biasa dan Dukungan untuk Pertumbuhan Global Terus-menerus

PALO ALTO, Calif., 27 Mei (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- Facebook hari ini mengumumkan bahwa Digital Sky Technologies (DST), salah satu kelompok penanaman modal internet terkemuka di seluruh dunia dengan kepentingan signifikan dalam bisnis internet di Eropa dan Rusia, menanam modal senilai $200 juta di Facebook sebagai ganti saham istimewa, yang mewakili 1,96 persen saham modal senilai $10 miliar.

Di samping itu, DST akan mengajukan tawaran untuk membeli saham biasa Facebook sedikitnya $100 juta dari pemegang saham biasa yang akan mempermudah likuiditas bagi saham tetap milik karyawan aktif dan mantan karyawan perusahaan tersebut. Rincian rencana ini akan diumumkan kepada peserta yang memenuhi syarat dalam musim panas ini. Konsisten dengan praktik Facebook dengan investor lain saat ini, DST tidak akan diwakili di dewan direksi Facebook atau memegang hak-hak peninjau khusus.

"Penanaman modal ini menunjukkan keberhasilan terus-menerus Facebook dalam menciptakan jaringan global bagi orang untuk berbagi dan berhubungan," kata CEO Facebook, Mark Zuckenberg. "Kami berupaya keras membawa lebih dari 200 juta orang - 70 persen di luar AS - ke Facebook untuk berbagi dengan teman, keluarga dan rekan kerja. Sejumlah firma mendekati kami, namun DST menonjol karena perspektif global yang mereka bawa - didukung oleh pertumbuhan mengesankan dan pencapaian keuangan penanaman modal internet mereka. Kami ingin bekerjasama dengan tim DST."

"Pengalaman investasi kami di kawasan lain mengungkapkan nilai besar yang diciptakan perusahaan jejaring sosial karena mereka menetapkan kembali bagaimana orang berkomunikasi dan berinteraksi," ujar Yuri Milner, kepala eksekutif DST. "Dengan setiap metrik yang penting - yakni pertumbuhan dan keterlibatan pengguna, inovasi teknologi dan kinerja keuangan - Facebook dalam lintasan yang sama, melalui skala yang jauh lebih global. Kami ingin menanam modal di Facebook, Mark dan tim manajemennya karena mereka membuat dunia lebih terbuka dan terhubung."

DST, yang berkedudukan di London dan Moskow, merupakan investor yang cukup terhormat di sejumlah perusahaan internet yang berhasil, dengan memegang banyak kepentingan di Rusia dan Eropa Timur, seperti Mail.ru, Forticom dan vKontakte. Aset-aset utama DST mencakup lebih dari 70 persen dari semua kunjungan ke halaman (page view) dalam internet berbahasa Rusia dan jejaring sosialnya memimpin pasar di lebih dari 13 negara, yang menujukan gabungan populasi berjumlah lebih dari 350 juta.

DST dikelola oleh ketiga mitranya yang memiliki latar belakang pelengkap dalam bidang operasi, penanaman modal dan keuangan: yakni Yuri Milner, yang sebelumnya CEO Mail.ru, situs web berbahasa Rusia nomor satu; Gregory Finger, yang sebelumnya kepala kantor NCH, dana cegah resiko bernilai miliaran dolar, di Moskow; dan Alexander Tamas, yang sebelumnya kepala bersama cakupan internet dan piranti lunak di EMEA untuk Divisi Perbankan Investasi Goldman Sachs. Dengan pemahamannya yang maju akan peluang dalam teknologi dan media sosial, DST pas benar untuk Facebook sekaligus mitra berwawasan yang dapat ikut membuka peluang pertumbuhan tambahan.

Facebook hari ini menggelar telekonferensi untuk media pada pukul 9.45 pagi, Waktu Siang Hari Pasifik. Dari AS, peserta seyogyanya memutar nomor (877) 809-9539. Peserta di luar AS seyogyanya memutar nomor (706) 679-8713. Mohon sebutkan nomor identifikasi konferensi 11871648 untuk mengikuti panggilan ini. Pemutaran kembali telekonferensi ini akan dilakukan selama sepekan. Untuk mengakses pemutaran kembali ini, peserta di AS seyogyanya memutar nomor (800) 642-1687 dan peserta di luar AS seyogyanya memutar nomor (706) 645-9292). Mohon sebutkan nomor identifikasi konferensi 11871648.

Tentang Facebook
Misi Facebook, yang didirikan pada Februari 2004, adalah memberi orang kekuasaan untuk berbagi serta membuat dunia lebih terbuka dan terhubung. Siapa pun dapat mendaftar Facebook dan berinteraksi dengan orang-orang yang mereka kenal dalam lingkungan yang terpercaya. Facebook adalah perusahaan swasta dan berkantor pusat di Palo Alto, Calif.

Tentang Digital Sky Technologies
DST didirikan pada tahun 2005 serta merupakan penanam modal internet terbesar di negara-negara berbahasa Rusia dan Eropa Timur sekaligus kelompok investasi terkemuka seluruh dunia yang hanya memfokuskan pada internet dan perusahaan internet. DST adalah perusahaan perseroan swasta yang didukung oleh lembaga keuangan terkemuka Rusia dan Barat. DST berkantor di Moskow dan London. Untuk keterangan tambahan, silakan kunjungi http://www.dst-global.com.

Facebook(R) adalah merek dagang terdaftar Facebook Inc. Nama lain boleh jadi merek dagang pemiliknya masing-masing.

SUMBER: Facebook

KONTAK: - Amerika Serikat
Larry Yu dari Facebook
+1-650-543-7405
atau Mike Buckley atau Ashley Zandy, keduanya dari Brunswick Group
+1-415-293-8461
untuk Facebook
- Eropa
Tim Burt atau Ekaterina Alferova, keduanya dari Brunswick Group
+44 20 7404 5959
untuk Facebook

- Rusia
Leonid Solovyev
+7 495 795 06 23
- Eropa
James Melville-Ross atau Matt Dixon
+44 20 7831 3113
- Amerika Serikat
Sage Baker
+1-415-293-4430
kesemuanya dari Financial Dynamics, untuk Digital Sky Technologies


Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009