Roma (ANTARA News/Reuters) - Barcelona menundukkan Manchester United (MU) 2-0 di final Liga Champion di stadion Olimpico, Rabu waktu setempat.

Dua gol Barca dihasilkan oleh Samuel Eto`o pada menit ke-10 dan Lionel Messi memastikan kemenangan Barca 2-0 pada menit ke-70.

Memasuki babak pertama, MU langsung menggebrak melalui umpan-umpan panjang dan nyaris membuka keunggulan pada menit keenam, namun tendangan jarak jauh dari Christiano Ronaldo melebar ke sebelah kiri gawang kiper Victor Valdes.

Ronaldo kembali gagal mencetak gol meski dia sempat menerobos dari sisi kiri lapangan satu menit kemudian, setelah tendangan kerasnya kembali melebar.

Justru MU harus menelan pil pahit, Etoo yang menusuk area kotak penalti mendapat umpan matang dari pemain Barca Leonil Messi dan dengan sedikit mengecoh pertahanan MU yang dikawal Nemanja Vidic, dia mampu membobol gawang kiper Edwin van der Sar pada menit ke-10.

Pemain Barcelona Gerrard Pique diganjar kartu kuning pada menit ke-15, setelah pemain itu menganjal laju Ronaldo, dan Ryan Giggs mengeksekusi tendangan bebas namun tendangan hanya melambung di atas mistar gawang lawan.

Empat menit kemudian Barca nyaris menambah keunggulan ketika tembakan jarak jauh Messi melambung.

Babak kedua, MU memasukkan Carlos Teves menggantikan Anderson.

Namun MU tetap sempoyongan membendung serangan Barca, Thierry Henry yang menerobos kari sisi kiri lapangan mendapat peluang bagus namun tembakannya di blok van der sar pada menit ke-47.

Begitu juga upaya Barca menambah gol gagal, ketika cocoran kaki Messi di depan gawang lawan luput menyentuh bola pada menit ke-50.

Dua menit kemudian Barca kembali mendapat peluang, ketika Iniesta diganjal pemain MU pada menit ke-52 yang menghasilkan tendangan bebas, namun Xavi yang mengeksekusi tendangan itu bolanya mental gawang.

Sepuluh menit kemudian MU mengganti pemain asal Korsel Park Ji-sung dan memasukkan Berbatov.

Barcelona menambah keunggulan pada menit ke-70 ketika Messi yang berdiri bebas mendapat umpan matang dari Xavi dan dengan satu sundulannya bola masuk ke gawang van der Sar sehingga skor berubah menjadi 2-0.

MU nyaris memperkecil ketertinggalan tiga menit kemudian, namun tembakan Ronaldo kembali diblok Valdes.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009