Liga 1 Indonesia

Wander Luiz diperbolehkan pulang ke Brazil usai sembuh dari COVID-19

Wander Luiz diperbolehkan pulang ke Brazil usai sembuh dari COVID-19

Pesepak bola Persib Bandung Wander Luiz Queiroz Dias (kanan) merayakan selebrasi seusai memasukkan gol ke gawang PSS Sleman saat pertandingan Sepak Bola Liga 1 2020 di stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.

Jakarta (ANTARA) - Penyerang Persib Bandung Wander Luiz diperbolehkan pulang ke negara asalnya, Brazil, setelah menjalani masa isolasi 14 hari dan dinyatakan sembuh dari penularan COVID-19 ketika dilakukan tes kedua Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Saya sampaikan secara langsung surat dari Labkes (laboratorium kesehatan) kepada Luiz. Surat ini diperlukan pemain yang bersangkutan untuk kembali ke Brazil," ujar dokter tim Persib, Rafi Ghani, seperti dilansir dari laman resmi klub, Kamis.

Sebelumnya, pemain berusia 28 itu positif tertular COVID-19 dan diduga saat ia berlibur ke pulau Bali. Setelah menerima kabar itu, ia harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari bersama ayahnya, Manoel Bandeira Diaz.

Baca juga: Wander Luiz negatif COVID-19 setelah isolasi 14 hari

Baca juga: Persib tunggu kiriman hasil tes COVID-19 Wander Luiz


Usai menjalani isolasi mandiri, Luiz beserta ayahnya kemudian kembali dites PCR dan diketahui hasilnya pun sudah negatif.

Meski telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang, Wander Luiz tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan pembatasan jarak fisik.

"Kemungkinan untuk terpapar lagi masih ada. Jadi, saya harap Luiz masih jalani Social Distancing," kata dia.

Rafi juga berpesan agar Luiz tetap menjaga kesehatan dan kebugarannya dan tidak berpergian. Karena dengan melakukan karantina mandiri, Rafi meyakini bakal menjadi kunci sukses memutus rantai penularan.

"Isolasi berjalan dengan baik atas dukungan pengelola gedung dan orang-orang sekitar tempat Luiz tinggal. Saya harap itu juga masih dilakukan di Brazil, di samping menjaga kebersihan dan pola hidup sehat," kata dia.

Baca juga: Wander Luiz pimpin top skor sementara Liga 1

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemkot Bandung izinkan Persib gelar pertandingan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar