New Delhi (ANTARA News) - Superstar Bollywood Amitabh Bachchan menolak pemberian gelar doktor kehormatan oleh satu universitas Australia  sebagai reaksi atas terjadinya kekerasan rasial terhadap mahasiswa India di Australia .

Kantor berita PTI melaporkan bahwa Universitas Teknologi Queensland di Brisbane, telah menawarkan tokoh industri film India yang berusia 66 tahun itu gelar doktor atas sumbangannya kepada dunia hiburan dan Bachchan sebelumnya menerima gelar itu.

Penganugerah gelar itu sedianya akan diadakan pada Juli sebagai bagian perayaan untuk mengenang film-filmnya yang diputar di kota itu.

"Saya menyaksikan dengan kaget tentang kekerasan terhadap  mahasiswa India di Australia baru-baru ini di media elektronik sepanjang hari," tulis Bachchan di blognya.

"Saya tak bermaksud tak menghormati institusi yang menghargai saya. Tapi karena tindakan tak berperikemanusiaan yang menimpa orang-orang sebangsa saya, hati nurani saya berkata saya tak dapat menerima gelar itu akibat kejadian tersebut," ujarnya.

Australia baru-baru ini melihat serangkaian serangan atas mahasiswa India, di antaranya Shravan Kumar, 25, asal negara bagian Andra Pradesh yang mendapat luka serius akibat tusukan obeng oleh sekelompok remaja dalam serangan akhir pekan. Tiga rekannya juga menderita cedera.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009