Jakarta,(ANTARA News) - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi selama bulan Mei 2009 khususnya yang tahunan akan lebih terkendali dibanding bulan sebelumnya.

"Kelihatannya inflasi yang YoY (tahunan) akan lebih baik dan dibandingkan dengan historisnya akan lebih baik," kata Pelaksana Gubernur BI, Miranda S. Goeltom di Gedung Depkeu Jakarta, Senin.

Miranda menyatakan hal itu sebelum rapat koordinasi membahas masalah tindak lanjut penanganan Bank Century di Kantor Menko Perekonomian. Selain Miranda, tampak hadir Kapolri Bambang H Danuri, dan Jaksa Agung Hendarman Supandji.

Menurut Miranda, faktor yang menyebabkan inflasi pada Mei lebih terkendali antara lain volatilitas harga pangan lebih kecil.

"Volatile food lebih kecil pada Mei ini," katanya.

BPS mencatat, terjadi deflasi pada April 2009 sebesar 0,31 persen, inflasi tahun kalender 0,05 persen, dan inflasi tahunan sebesar 7,31 persen.

Sementara sebelumnya inflasi pada Maret 2009 sebesar 0,22 persen, inflasi tahun kalender 0,36 persen, dan inflasi tahunan sebesar 7,29 persen.

Jika diurut sejak Januari 2009 maka inflasi tahunan pada Januari 2009 sebesar 9,17 persen, inflasi Februari 8,60 persen, dan inflasi Maret sebesar 7,29 persen.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009