Jakarta (ANTARA News) - Ribuan  anggota keluarga besar Front Pembela Islam (FPI) menggelar aksi demonstrasi di depan Kompleks Istana Merdeka di Jakarta, Senin untuk menuntut pembubaran Ahmadiyah.

Senin siang sekitar pukul 15.00 WIB, sebagian dari ribuan orang tersebut telah membubarkan diri setelah selesai berorasi dan menyampaikan aspirasinya terkait pembubaran Ahmadiyah.

Namun, masih terdapat ratusan orang yang melanjutkan aksi di dalam lingkungan kawasan Monumen Nasional (Monas).

Di dalam kawasan tersebut, mereka menggelar panggung terbuka yang diisi oleh orasi dari berbagai tokoh antara lain Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kholil Ridwan dan Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath.

Massa FUI tersebut pertama kali berkumpul di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada Senin (1/6) pagi sehingga memacetkan arus lalu lintas di ruas Sudirman-MH. Thamrin.

Di Jalan Sudirman, kemacetan terjadi dari sekitar daerah Dukuh Atas. Sedangkan di Jalan MH Thamrin, kepadatan arus lalu lintas terjadi dari Bundaran HI hingga ke Bundaran Patung Kuda.

Kemacetan parah tersebut juga berimbas ke Jalan Medan Merdeka Barat hingga ke daerah Harmoni.

Para peserta unjuk rasa tidak hanya berasal dari Jakarta, tetapi juga dari berbagai daerah di sekitar ibukota seperti dari Tangerang dan Bogor.

Sebelumnya, massa FUI telah berkali-kali melakukan demo untuk menuntut pembubaran Ahmadiyah di depan Istana.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009