Madrid,  (ANTARA News) - Manuel Pellegrini ditunjuk sebagai pelatih baru Real Madrid, demikian diumumkan klub Liga Spanyol itu dalam laman mereka (www.realmadrid.com), Senin.

Pelatih dari Cile, Pellegrini, akan meninggalkan Villarreal untuk melatih di Bernabeu dan akan menjadi titik utama proyek baru klub itu bersama Florentino Perez, yang baru disumpah sebagai presiden klub itu beberapa waktu sebelumnya, demikian dikutip dari Reuters. 

Media Spanyol melaporkan, Real akan membayar Villarreal sebanyak empat juta euro sebagai kompensasi pelatih itu.

Pellegrini bergabung dengan Villarreal dari River Plate pada 2004 dan dipandang amat berjasa karena mengangkat harkat para pemain muda, bermain menarik dengan ciri "possession footbal" dan membawa Villarreal ke kancah kompetisi Eropa.

Ia membawa tim itu menjadi runner-up setelah Real Madrid pada kompetisi liga 2008 dan mendampingi mereka ke semi final kompetisi Liga Champions 2006 serta perempat final tahun ini saat mereka kalah atas Arsenal.

Pelatih berusia 55 tahun itu menggantikan Juande Ramos, yang dipanggil hingga akhir musim ini, setelah Bernd Schuster didepak pada Desember lalu.

Ramos memimpin tim itu setelah sempat tertinggal 12 point dari tim urutan teratas Barcelona hingga menjadi terpaut empat poin sebelum pertemuan keduanya di Bernabeu bulan lalu dengan 17 kemenangan dari 18 pertandingan.

Namun kemenangan Barca 6-2 menumbangkan kiprah Real dan Ramos tidak mampu menghindarkan timnya dari lima kekalahan berikutnya.

Perez sudah membicarakan tentang perlunya membeli pemain lain, sekitar enam orang, dan Cristiano Ronaldo, Kaka dan Franck Ribery disebut-sebut sebagai pemain yang diicar mereka.

Tekanan berada pada Pellegrini yang membangun kekuatan tim sembilan kali juara Eropa itu, membawa mereka mampu bersaing dengan juara Barcelona.

Sejak pelatih Vicente del Bosque dipecat Perez pada 2003 setelah memenangkan dua Liga Champions dan dua gelar liga dalam tempo tiga setengah tahun, klub itu sudah gonta-ganti pelatih sebanyak delapan kali.

Pelatih itu adalah Carlos Queiroz, Jose Antonio Camacho, Mariana Garcia Remon, Vanderlei Luxemburgo, Juan Ramon Lopez Caro, Fabio Capello, Schuster dan Ramos.

Florentino Perez akan menghadirkan Pellegrini di depan media pada Selasa pukul 1000 GMT.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009