Madrid, (ANTARA News) - Berikut ini bio-data pelatih baru Real Madrid Manuel Pellegrini yang ditunjuk menggantikan Juande Ramos, Senin waktu setempat, demikian dikutip dari Reuters.

* Lahir 16 September 1953 di Santiago.

* Menghabiskan hampir seluruh karirnya di Universidad de Chile

* Melatih di Cile dan Ecuador sebelum menangani River Plate pada 2002.

* Meninggalkan klub Argentina itu setelah melatih 18 bulan pada Desember 2003 menyusul kekalahan mengejutkan oleh klub Peru, Cienciano, di final turnamen Copa Sudamericana.

* Kendati River memenangi satu dari dua gelar tahunan Argentina di bawah asuhan Pellegrini, mereka selalu di bawah bayang-bayang saingan utama mereka, Boca Juniors.

* Menggantikan Paquito sebagai pelatih Villarreal pada musim 2004-05 dan membawa klub itu ke perempat final Piala UEFA 2005, ketika mereka kalah dari AZ Alkmaar.

* Di bawah asuhan Pellegrini, Villarreal maju pesat dan tampil mengesankan sehingga mendapat perhatian besar. Ia berhasil menggabung para pemain muda dan yang berpengalaman menjadi tim handal yang disegani.

* Urutan ketiga kompetisi Liga Spanyol 2005-06 dan maju untuk pertama kali ke kompetisi Liga Champions.

* Mencapai semi final sebelum kalah agregat 0-1 dari Arsenal dan urutan ketujuh kompetisi liga.

* Berada di bawah Barcelona musim lalu dan tampil sebagai juara kedua, merupakan yang terbaik dalam keikutsertaan mereka di kompetisi liga.

* Kalah agregat 1-4 dari Arsenal di perempat final kompetisi Liga Champions musim ini dan berada di urutan kelima kompetisi liga Spanyol dan mendapat tempat ke kompetisi Liga Eropa musim medatang.

* Pellegrini menandatangani perpanjangan kontrak dua tahun Desember 2007 yang bertujuan untuk mengamankan klub hingga musim mendatang.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009