Makassar (ANTARA News) - Sejumlah musisi yang tergabung dalam Kerang Band menciptakan lagu berjudul suara kebebasan bagi "Koalisi Jurnalis Makassar Tolak Kriminalisasi Pers" sebagai bentuk dukungan terhadap kelompok jurnalis tersebut.

"Ini adalah kado kami untuk setahun perjuangan teman-teman jurnalis dalam menyuarakan kebenaran melalui kasus yang menimpa mantan jurnalis Metro TV, Upi Asmaradhana," kata juru bicara Kerang Band, El Sharun di Makassar, Selasa.

Menurut dia, Kerang Band yang terdiri dari Ryan (vokalis), Andi Jaya (bassis), El Sharus (gitaris), dan Ully (Drummer), terinspirasi dengan kuatnya idealisme jurnalis Makassar dalam kasus tersebut.

Dia mengatakan, semangat lagu Suara Kebebasan menggambarkan sebuah perjuangan nilai yang coba dirampas oleh oknum-oknum petinggi negara.

Proses penulisan lagu hingga rekaman, jelas El Sharun, dikerjakan hanya dalam dua minggu. Cepatnya proses tersebut, tak lepas dari bantuan referensi dari jurnalis yang diberikan ke Kerang Band.

Ully menambahkan, inspirasi untuk membuat lagu ini, muncul saat membaca pemberitaan di media massa tentang persidangan Upi Asmaradhana yang dituntut hingga diperadilankan oleh mantan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Sisno Adiwinoto.

Menurutnya, mereka menangkap suatu nilai perjuangan dalam kasus tersebut, yang harus didukung secara bersama dan berkesinambungan.

Rencananya, peluncuran lagu ini, bersamaan dengan Hari Hak Jawab yang akan dideklarasikan Koalisi Jurnalis Makassar Tolak Kriminalisasi Pers di Makassar. Dalam kesempatan tersebut, untuk pertama kalinya lagu ini akan diperdengarkan di hadapan publik.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Andi Fadli Yusuf mengatakan, lirik lagu Suara Kebebasan tersebut sangat bagus.

Dia menilai, lagu itu cukup mewakili suasana hati dan perjuangan Koalisi Jurnalis saat ini.

"Salut buat Kerang, semoga lagu ini bisa pemersatu buat teman lain yang sevisi dengan perjuangan kami," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009