Jakarta (ANTARA News) - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Dr Ahmad Syafii Maarif meluncurkan buku dengan judul "Islam Dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan, Sebuah Refleksi Sejarah", Kamis malam.

Peluncuran yang dilakukan di kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah di kawasan Menteng Jakarta Pusat itu dihadiri beberapa tokoh nasional seperti mantan Presiden, Megawati Soekarnoputri dan mantan Wakil Presiden Try Sutrisno.

Hadir juga beberapa tokoh nasional lainnya seperti mantan calon wakil presiden, Solahuddin Wahid, mantan Menteri Pendidikan, Abdul Malik Fadjar dan wartawan senior, Rosihan Anwar.

Megawati, dalam sambutannya mengatakan, melalui buku itu, Ahmad Syafii Maarif berupaya memberikan pencerahan tentang cara melihat Islam dalam bingkai keindonesiaan.

Hal itu sangat menyentuh jika dilihat dari realita di Indonesia yang penuh dengan kekerasan, kata Megawati.

Buku setebal 388 halaman itu dibagi dalam lima bab yakni, Bab I tentang Islam dan Nusantara, Bab II tentang Islam dan Demokrasi dan Bab III tentang Islam Indonesia, masalah kualitas.

Bab IV berisi tentang Masa Depan Agama sedangkan Bab V mengenai Islam Dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan.

"Buku ini sungguh amat memukau, sekaligus menggairahkan," kata Ketua Dewan Pembina Yayasan Fahmina, KH Husein Muhammad yang juga Komisioner Komnas Perempuan.(*)

Oleh
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009