Makassar (ANTARA) - Rumah Sakit Pendidikan Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Hasanuddin mulai Minggu
menghadirkan layanan konsultasi gratis secara daring.

 "Dengan tutupnya praktik dokter gigi swasta, kami memandang perlu memberikan pelayanan di tengah pandemi ini," kata Direktur RSGM Unhas drg A Tajrin MKes SpBM di Makassar, Sulawesi Selatan.

Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) telah mengeluarkan imbauan untuk sementara tidak melakukan kegiatan praktik kecuali dalam kondisi darurat.

"Tentu saja, tidak semua kasus dapat dilakukan perawatan. Karena itu kita mengadakan konsultasi online untuk kasus-kasus yang memungkinkan," katanya.

Hal ini merupakan bentuk kontribusi dan pengabdian RSGM Unhas agar tetap hadir di masyarakat di tengah situasi saat ini.

Baca juga: Satgas covid-19 Unhas survei pemetaan sosial ekonomi rumah tangga
Baca juga: Unhas berikan subsidi internet, uang saku dan bebas UKT pada mahasiswa


Sesuai jadwal yang dikeluarkan oleh RSGM Unhas, konsultasi daring ini dilaksanakan setiap Kamis dan Minggu. Para dokter yang terlibat berasal dokter gigi spesialis di RSGM dan FKG Unhas.

"Untuk awal ini, masyarakat yang dilayani mencapai 70 orang dari berbagai daerah, baik Makassar maupun luar Makassar. Bahkan ada pasien yang berasal dari Jakarta," kata Tajrin.

Direktur RSGM Unhas berharap layanan ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan pengobatan atau informasi terkait keluhan kesehatan gigi dan mulut.

Kegiatan ini menjadi ajang para dosen mengadakan bakti sosial melalui konsultasi gratis guna membantu masyarakat. Dengan demikian, masyarakat tetap mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulut mereka tanpa harus keluar rumah.

"Ini juga bentuk pengabdian RSGM Unhas," ujarnya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020