Madrid, (ANTARA News) - Real Madrid telah menandatangani untuk menerima pemain tengah Brazil, Kaka dari AC Milan, ungkap klub Liga Primera dilaman mereka (www.realmadrid.com), Selasa.

Pemain internasional 27 tahun ini menyetujui kontrak enam tahun, yang menjadikan dirinya sebagai pemain pertama bergabung dengan Real sejak Florentino Perez kembali menduduki kursi Presiden klub, demikian dikutip dari Reuters.

Berdasarkan laporan, biaya transfer Kaka mencapai sekitar 68 juta Euro (94.05 juta dolar AS) yang menjadikan transfer ini kedua terbesar stelah Zinedine Zidane bergabung Real dari Juventus, sekitar 73 juta Euro pada tahun 2001.

Kaka telah menyelesaikan pemeriksaan medis pada hari Senin (8/6) di Recife, saat Brazil menjadi tuan rumah melawan Paraguay dalam babak penyisihan piala dunia, Rabu (3/6).

Kaka mengatakan dia meninggalkan tim Italia secara baik.

"Semua yang telah saya lakukan telah melalui perjanjian bersama, sejak saya mendarat hingga keberangkatan saya hari ini," katanya dalam sebuah konferensi pers di sebuah hotel Brazil. "Saya pergi melalui pintu depan."

"Saya telah mendapat semua yang saya inginkan sebagai pemain dan ini adalah motivasi baru bagi saya."

"Saya yakin Real Madrid akan membangun sebuah tim yang kompetitif agar dapat meraih gelar juara lagi."

Pengumuman secara resmi di Madrid akan dilakukan akhir bulan, setelah piala confederasi di Afrika Selatan.

"Kami sedang membangun tim yang baik, sebuah tim yang penting, dan ini baru dimulai," kata Perez kepada stasiun radio Onda Cero.

"AC Milan berterimakasih kepada Kaka sebagai pribadi dan seorang juara atas kontribusi yang menentukan banyak kemenangan yang diraih enam tahun terakhir," demikian pernyataan klub Serie A.

"Hilangnya dia dari lapangan, meskipun serius akan dapat digantikan. bagaimanapun juga akan susah mencari pemain sebaik Kaka."

Kaka sudah lama menjadi incaran Real Madrid sejak mantan presiden Ramon Calderon menjanjikan untuk membeli Kaka dalam kampanye pemilihan tahun 2006, tapi gagal mendapatkan Kaka.

Calderon mengundurkan diri sejak Januari 2009, memberikan jalan bagi Perez untuk kembali setelah tiga tahun turun dari kursi president tersebut.

Perez menjanjikan untuk memberi proyek olah raga spektakuler yang terdiri dari pemain-pemain hebat, dan media lokal juga telah memberitakan sebesar 300 juta Euro dana simpanan untuk membeli pemain yang akan digunakan untuk mendanai "era galaktika" kedua di Bernabeu.

Daya tarik Luis Figo, Zinedine Zidane dan David Beckham ke Real dekade sebelumnya, penandatanganan kontrak Kaka merupakan hal pertama yang Perez lakukan sekembalinya ia memangku jabatan Presiden klub. Sebuah langkah yang terlihat sebagai sebuah deklarasi keinginan dan hasil dari pendahulunya.

Ia juga membicarakan ketertarikannya pada Cristiano Ronaldo dari Manchester United, Franck Ribery dari Bayern Munich, Xabi Alonso dari Liverpool dan duo David Villa dan David Silva dari Valencia.

Pelatih baru Manuel Pellegrini adalah orang yang bertanggung jawab untuk mempersatukan berbagai bakat pemain bintang ini menjadi sebuah tim yang dapat melawan tim penyandang tiga gelar, Barcelona.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009