Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan solusi teknologi informasi, Fujitsu, mengenalkan storage baru bermerek ETERNUS yang menawarkan sistem storage array dan proteksi data suatu lini produk yang komprehensif bagi setiap jenis bisnis.

Portfolio storage global ETERNUS yang dikenalkan Fujitsu itu memberikan sistem yang canggih dan mendukung high-availability yang unggul di kelasnya, kata siaran pers Fujitsu yang diterima ANTARA News di Jakarta, Selasa.

Sistem entry-level RAID storage ETERNUS DX60 dan DX80 yang baru ini melengkapi lini produk ETERNUS lainnya. Model-model ini menyediakan fitur-fitur baru semisal konsumsi listrik yang berkurang, manajemen yang disederhanakan dan kerangkapan (redundancy) yang meningkat, sehingga memenuhi tuntutan yang kebutuhan organisasi berukuran sedang.

Fujitsu juga mengumumkan versi 4.1 ETERNUS CS, produk virtual tape yang unggul bagi data center yang besar, yang sebelumnya bermerek CentricStor VT, serta sistem tape entry-level ETERNUS LT.

Keduanya menawarkan kepada pelanggan suatu solusi proteksi data yang praktis dan memperlebar cakupan solusi backup dan pengarsipan yang tersedia dari perangkat virtual tape berkelas besar sampai dengan sistem otomasi tape kelas entry-level yang hemat biaya.

Versi ETERNUS CS yang baru memperkenalkan peningkatan kinerja yang signifikan serta perangkat keras yang diperbarui. Dengan menyediakan kemampuan yang superior dalam menghadapi bencana serta integrasi yang mulus antara disk dan tape, ETERNUS CS sekarang lebih scalable daripada sebelumnya.

“Organisasi masa kini membutuhkan mitra Teknologi Informasi (TI) yang menyediakan lini produk yang luas dari solusi storage yang handal dan inovatif membantu mereka menghadapi pertumbuhan jumlah data yang cepat dan kebutuhan manajemen informasi yang berubah cepat," ungkap Richard Villars, Vice President, Storage Systems and IT Strategies dari IDC.

“Sejalan dengan nilai-nilai dari merek ETERNUS, model-model terbaru ini menawarkan fleksibilitas, keandalan dan kualitas bagi data center," ujar Dr Helmut Beck, Vice President Storage dari Fujitsu Technology Solutions

Produk ETERNUS DX60 dan DX80 yang baru ini dikembangkan berdasarkan generasi sebelumnya yaitu sistem FibreCAT SX60 dan SX80 serta ETERNUS 2000, dan membuktikan kualitas tinggi.

Kedua sistem ETERNUS DX itu menawarkan kecepatan, kehandalan, dan high availability, dengan harga yang menarik. Kapasitas yang dimiliki model itu adalah dari 292 GB sampai 120 TB (DX80).

Bukan hanya memiliki komponen rangkap dan teknologi Fibre Channel berkecepatan 4 atau 8 Gigabit per detik, produk itu juga memiliki sejumlah fungsi baru yang menjamin tingkat ketersediaan yang lebih tinggi dan kemampuan recovery yang jauh lebih cepat, termasuk delapan snapshots (yang dapat ditambah sampai dengan 1024) untuk mendukung pemrosesan backup yang cepat.

Fitur lainnya adalah enkripsi yang mudah diaktifkan sehingga mencegah akses yang tidak diizinkan terhadap data rahasia. Model ETERNUS DX juga memperkenalkan fungsi EcoMode, berdasarkan teknologi MAID (Massive Array of Idle Disks), yang memungkinkan disk yang tidak lagi diperlukan (misalnya disk yang direncanakan untuk backup harian) untuk dimatikan demi penghematan energi – suatu kemampuan yang dirancang untuk berkontribusi terhadap green data center.

ETERNUS DX60 dan DX80 memproteksi integritas data pada disk dan system cache dengan Data Block Guard, suatu fungsi yang dapat mendeteksi dan secara otomatis memperbaiki kerusakan data. Selain itu, sistem ini memiliki fitur CacheProtector yang menulis isi dari RAID controller ke dalam flash memory bila terjadi listrik padam.

Tidak seperti baterai tradisional, sebuat kapasitor berkerja dalam hitungan menit, sehingga memungkinkan cache untuk digunakan kembali dengan sangat cepat. Berarti sistem tetap terproteksi walaupun terjadi listrik padam dan dapat kembali menyediakan kinerja penuh begitu listrik hidup kembali.

Sistem ini juga memiliki fitur "Redundant Copy" yang baru, yang segera bereaksi bila terjadi kegagalan disk dan secara otomatis menggandakan data dari disk yang bermasalah. Hal ini mempersingkat waktu recovery secara dramatis.

Mudah dipasang dan dikelola

Administrasi infrastruktur TI yang komplek dan makan waktu merupakan masalah besar bagi kebanyakan perusahaan. Sistem ETERNUS DX menawarkan kemudahan yang luar biasa. Perangkat lunak untuk pengelolaan sistem memastikan pengoperasian sehari-hari yang lancar dan bebas masalah, tanpa memerlukan pelatihan khusus bagi penggunanya.

Perangkat lunak ETERNUS SF dapat menyederhanakan pengelolaan dan pemeliharan sistem storage serta menyediakan beberapa keunggulan seperti pengendalian sistem yang terpusat dari sumber daya SAN/DAS/NAS storage dan meningkatkan efisiensi pengelolaan operasional.

ETERNUS DX60 dan DX80 dilengkapi dengan SAS berkinerja tinggi dan nearline SAS disk drives berkapasitas tinggi. Bersama dengan solid state drive (SSD), yang akan tersedia kemudian dalam tahun ini, menawarkan beragam pilihan bagi manajemen data.

Data dapat disimpan pada media yang sesuai berdasarkan tingkat layanan (service level) yang dibutuhkan, misalnya biaya kecepatan, waktu akses, rentang umur dan kemudahan penggunaan. Dengan fitur migrasi RAID, data dapat dipindahkan secara dinamis di antara grup RAID dan hard disk yang berbeda.

Model ETERNUS DX mempunyai empat port dan dapat dikoneksikan dengan sebanyak 128 server dalam lingkungan SAN. Saat ini, model-model ini dilengkapi dengan Fibre Channel interface, tapi akan juga tersedia dengan interface iSCSI dan SAS dalam waktu dekat.

ETERNUS DX60 dan DX80 sangatlah cocok untuk berbagai aplikasi, termasuk konsolidasi storage dan aplikasi kritikal bagi perusahaan, semisal akses database atau e-mail, pengarsipan dan backup ke dalam disk.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009