Tambahan satu kasus ini merupakan warga biasa, tidak ada hubungan dari kasus sebelumnya, dan merupakan OTG
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Jumlah pasien positif virus corona di Kota Malang, Jawa Timur, bertambah satu orang, sehingga secara keseluruhan terdapat sembilan kasus positif COVID-19 di kota terbesar kedua di Jawa Timur itu.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan bahwa satu orang pasien positif COVID-19 tersebut masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG), namun tidak memiliki riwayat keterkaitan dengan kasus COVID-19 lain yang ada di Kota Malang.

Baca juga: Kabupaten Malang tunggu instruksi Gubernur terkait penerapan PSBB

"Tambahan satu kasus ini merupakan warga biasa, tidak ada hubungan dari kasus sebelumnya, dan merupakan OTG," kata Husnul di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu.

Menurut Husnul, saat ini, pasien laki-laki berusia 50 tahun tersebut menjalani isolasi mandiri, karena berdasarkan laporan dari tim medis, yang bersangkutan tersebut berada dalam kondisi fisik yang baik, dan tidak memiliki keluhan.

Husnul menambahkan, Satgas COVID-19 Kota Malang, dalam waktu dekat akan melakukan tracing atau pelacakan kepada anggota keluarga pasien tersebut. Saat ini, masih belum diketahui apakah pasien tersebut baru saja melakukan perjalanan dari luar kota.

Baca juga: ACT salurkan bantuan ratusan APD di Malang Raya

"Kami akan tindak lanjuti dengan tracing untuk keluarga, dan kami masih belum bisa memastikan apakah yang bersangkutan melakukan perjalanan keluar kota. Nanti setelah tracing baru diketahui," ujar Husnul.

Di Kota Malang, terdapat sembilan kasus positif virus yang telah menjangkiti kawasan tersebut. Dari sembilan pasien positif COVID-19 di Kota Malang itu, sebanyak tujuh orang telah sembuh, dan dua lainnya masih menjalani perawatan.

Data lainnya, sebanyak 1.793 orang masuk kategori orang dengan risiko (ODR), 153 berstatus OTG, 275 orang berstatus orang dalam pemantauan (ODP), dan sebanyak 85 orang merupakan pasien dalam pengawasan (PDP).

Baca juga: Dampak COVID-19, ribuan pekerja di Kabupaten Malang dirumahkan

Secara keseluruhan di wilayah Malang Raya yang merupakan gabungan antara Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, terdapat 30 kasus positif COVID-19. Dari total jumlah kasus tersebut, sebanyak 14 orang telah dinyatakan sembuh.

Di Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Rabu (22/4) juga tercatat ada penambahan satu kasus COVID-19. Secara keseluruhan, di Kabupaten Malang ada 19 kasus positif COVID-19, dimana enam diantaranya telah dinyatakan sembuh, dan sisanya berada dalam perawatan.

Sementara di Kota Batu, terdapat dua kasus positif, dimana salah satunya telah dinyatakan sembuh, dan sudah diperbolehkan pulang ke rumah.

Baca juga: Warga terdampak COVID-19 di Kota malang segera terima bantuan
 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020