Jakarta (ANTARA News) - Penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang berkisar di bawah Rp10.000, menaikkan jumlah penjualan komputer dan komputer jinjing (laptop) yang dipamerkan pada Festival Komputer Indonesia 2009 di Jakarta Convention Center (JCC).

Permintaan komputer dan laptop selama berlangsungnya pameran di JCC cukup tinggi mencapai 30 unit per harinya dengan berbagai tipe, kata Oni, salah satu agen resmi laptop merk "Advan" buatan Taiwan, di JCC, Jumat.

Untuk komputer dan laptop buatan Taiwan seperti Advan dan Axioo bisa bersaing dengan laptop merk terkemuka dalam merebut pangsa pasar di Indonesia.

Laptop buatan Taiwan itu selama pameran digelar sudah mendapatkan pesanan dari konsumen di Jawa Timur sebanyak 60 unit yang akan dipasarkan di sana, kata Oni.

Saat ini pangsa pasar laptop produk Asia dijual seharga Rp4 juta hingga Rp8 juta per unitnya sudah bisa bersaing dengan mereka terkenal.

Sementara itu, peningkatan penjualan juga dirasakan agen laptop merk terkenal seperti Sony, Dell dan Toshiba, Acer, Compaq, Hewlett Packard (HP), pada saat digelarnya pameran.

Wahyu, tenaga pemasaran laptop Sony, mengatakan, produk mereka juga selama pameran di JCC juga terjadi peningkatan permintaan dan untuk beberapa jenis seperti Sony VGN-CS26G dan VGN-CS16G yang diburu pengunjung.

Kedua jenis laptop Sony itu dan mereka lainnya dijual ke pasaran berkisar di atas Rp10 juta dengan nilai tukar rupiah saat ini berkisar Rp10.000.

Festival Komputer dan Telepon Selular di Jakarta Convention Center (JCC), berlangsung 10-14 Juni 2009.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009