Jakarta (ANTARA) - Sosiolog Universitas Indonesia Imam Prasodjo menyarankan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 melibatkan warga dalam menyampaikan penyuluhan mengenai pencegahan penularan virus corona, mulai dari pembuatan konten penyuluhan sampai pelaksanaannya.

Ia mengatakan, warga dan komunitas banyak yang punya ide-ide kreatif dan Gugus Tugas bisa menggandeng mereka dalam membuat konten penyuluhan serta merancang pesan-pesan berkenaan dengan pencegahan COVID-19.

"Di negeri ini, di banyak wilayah, komunitas itu banyak para champion, orang-orang kreatif," katanya dalam telekonferensi Gugus Tugas di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Kamis.

"Jadi kita himpun, kita fasilitasi, Pemerintah Daerah (Pemda) mengundang mereka, syukur-syukur membiayai mereka untuk berkreasi, maka akan muncul ide-ide kreatif yang sangat unik di negeri ini. (Mereka bisa) menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat di sekitarnya," katanya.
 
Anggota Badut Tangerang Raya (Batara) bersama PMI Kota Tangerang membagikan paket pendukung Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)  berupa masker, sabun, dan brosur kepada warga di Larangan, Kota Tangerang, Banten, Kamis (16/4/2020), dalam penyuluhan mengenai pencegahan COVID-19. ANTARA FOTO/Fauzan/hp.


Selain dilibatkan dalam menyampaikan konten-konten kreatif berisi imbauan dan informasi tentang pencegahan COVID-19, ia mengatakan, warga dan komunitas bisa digerakkan untuk menggerakkan aksi pencegahan dan penanggulangan penyakit. 

"Jadi tidak hanya sekadar mengimbau tetapi juga melakukan aksi," kata dia.

Ia menambahkan organisasi-organisasi pemerintah tingkat bawah seperti rukun tetangga dan rukun warga, kelompok pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), Karang Taruna, remaja masjid, muda-mudi gereja, dan persatuan olahraga bisa dilibatkan dalam berbagai kegiatan sosialisasi pada masa wabah COVID-19.

"Dengan seperti itu, saya kira itu akan menjadi Indonesia ini, di tengah musibah, akan mendapatkan berkah," katanya.

Baca juga:
Aceh libatkan dai dan khatib dalam penyuluhan pencegahan COVID-19
Cegah COVID-19, Rumah Zakat inisiasi penyuluhan hidup bersih dan sehat

Pewarta: Katriana
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020