Depok (ANTARA News) - Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) DKI Jakarta, Selamet Daroyni mendesak pemerintah Depok dan provinsi Jawa Barat segera mengusut tuntas konspirasi pengadaan proyek Unit Pengolahan Sampah (UPS) yang tidak transparan dan tidak partisipasif.

Pemerintah Depok juga harus membatalkan dan menghentikan pembangunan UPS di wilayah Depok, karena tidak layak untuk lingkungan hidup warga sekitar, tambahnya.

Ia mengimbau seluruh warga Depok untuk bergabung menghadapi kesewenang-wenangan dan menunut hak atas lingkungan hidup warga yang terlanggar aparat.

"Warga pasti akan mendukung sepanjang pemerintah mempunyai itikad baik dan mau memberikan ruang partisipasi dalam setiap perencanaan, pelaksaanaan dan evaluasi program pembangunan," katanya.

Proyek tersebut dibiayai uang rakyat sehingga penggunaannya tak menghilangkan hak rakyat atas lingkungan yang baik dan sehat.  Dia mempertanyakan sikap Walikota Depok yang terkesan arogan dan sewenang-wenang.

Proyek UPS tanpa partisipasi warga dipastikan menciptakan gejolak sosial terutama dari warga yang terkena dampak langsung dengan aktivitas proyek. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009